JK: Tanpa Satpol PP Jakarta Jadi Hutan


Ketua Umum PMI Pusat HM Jusuf Kalla termasuk orang yang tidak setuju bila Satpol PP dibubarkan. Peran Satpol PP masih diperlukan untuk tetap menertibkan DKI Jakarta yang tidak tertib.

“Jangan hanya karena satu kesalahan, langsung dibubarkan,” ujar JK di Ruang Serba Guna Gereja Kristen Jawa Nehemia, Jl Raya Pasar Jumat, Minggu 18 April 2010.

Satu kesalahan, lanjutnya, bukan berarti membuat kinerja Satpol PP buruk. Justru citra yang buruk itu harus diperbaiki agar bisa menjadi lebih baik lagi.

“Karena kalau pilihannya dibubarkan, itu berarti tidak hanya Satpol PP, Pajak juga dibubarkan, Polisi juga dibubarkan, apa harus begitu,” katanya. “Kalau saya, lebih baik diperbaiki,” ujarnya.

JK memisalkan, kedepan Satpol PP jangan terlalu berlebihan dalam menggunakan atribut. Contohnya seperti polisi yang telah mengubah citra melalui perubahan perlengkapan.

“Dulu kan polisi memakai laras sepatunya, itu kan kelihatan keras nah Satpol PP juga begitu, yang topinya baret jangan lagi ada baret, seperti itulah,” katanya.
Jadi, lanjut dia, tidak bisa langsung dibubarkan. “Satpol PP masih perlu untuk menertibkan jalanan, kalau tidak, Jakarta tanpa mereka jadi seperti hutan,” katanya.
Foke Suruh Kasatpol PP Sinambela Mengaca

Kerusuhan berdarah di makam Habib Hasan bin Muhammad Al Hadad alias Mbah Priok Rabu lalu masih menyisakan ketidakpastian informasi dalam hal jumlah korban.

Dalam sebuah diskusi kemarin, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kepulauan Seribu Hotman Sinambela memperkirakan korban yang berjatuhan dari pihak Satpol PPlebih banyak daripada yang diumumkan.

Menurut Hotman, dari 1.750 aparat yang diturunkan dalam eksekusi, baru 877 anggota Satpol PP yang melapor. Artinya, ada sekitar 873 Satpol PP yang hilang. “Sisanya ke mana, dimanakah mereka?” kata Hotman. “Masih terbuka kemungkinan ada lagi yang meninggal,” Hotman menambahkan.

Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo, tak mau berkomentar banyak terhadap pernyataan Hotman tadi. Justru meminta Hotman untuk melakukan refleksi terhadap pernyataannya.

“Siapa yang bilang (masih ada 873 Satpol PP yang belum ketahuan nasibnya – red)?” kata Fauzi Bowo, di acara peringatan hari ulang tahun ke-10 Forum Warga Kota Jakarta, di Jl Kebon Pala Makassar, Jakarta Timur, Minggu 18 April 2010.

Saat diberitahu wartawan, bahwa informasi itu berasal dari Hotman Sinambela, Gubernur langsung berkata, “Sinambela suruh ngaca!”

Selain mengungkapkan adanya kemungkinan korban jiwa yang lebih banyak, Hotman juga menyesalkan, karena ia merasa Satpol PP menjadi pihak yang dikorbankan dalam insiden tragis ini.

Menurut Hotman, dalam sebuah rapat rahasia di Kantor Walikota Jakarta Utara, para pihak dari unsur aparat (baik Muspida, kepolisian, dan TNI) saling melempar tanggung jawab. Padahal, saat kerusuhaan, kata Hotmanpara petugas Satpol PP juga ditinggalkan sendirian oleh rekan mereka dari kepolisian maupun TNI.

Tragedi yang terjadi di Tanjung Priok, Koja, Rabu 14 April 2010 itu, setidaknya mengakibatkan tiga orang anggota Satpol PP meninggal dunia. Selain itu, terdapat 146 orang korban luka-luka yang terdiri atas 23 personel kepolisian, 69 anggota Satpol PP, 54 dari pihak warga.

dari vivanews minggu 18 April 2010

wordpress

Advertisements

One Trackback to “JK: Tanpa Satpol PP Jakarta Jadi Hutan”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: