Eksperimen Pembatasan BBM

Jakarta, Link Journal – Hari ini pemerintah melakukan eksperimen baru dalam hal pembatasan BBM, uji coba tersebut hanya sebatas menempelkan stiker, dan tidak ada upaya pembatasan atau simulasi yang riil, padahal kebijakan ini akan resmi dijalankan pada bulan April.

Setelah dilakukan penempelan secara simbolis terhadap enam kendaraan umum jurusan Kampung Melayu – Senen, masih banyak kendaraan umum yang berada di Terminal Senen tidak berstiker. Selain itu masih banyak mikrolet yang juga tidak berstiker terlihat pada saat mengisi BBM di SPBU, padahal Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Udar Pristono mengatakan uji coba dilakukan terhadap 409 kendaraan umum dengan stiker barcode yang akan dapat dibaca oleh sebuah alat khusus di SPBU.

Sedangkan sampai hari ini, di SPBU tidak terpasang alat tersebut, sesuai yang dikatakan pengawas SPBU, Dedi, yang menyakaan tidak mengetahui mengenai alat tersebut, begitupun dengan rencana uji coba yang dilaksanakan hari ini. Sejumlah pihak berwenang pernah mendatangi SPBUnya, yaitu DLLAJR, Pertamina, dan BPH Migas, tetapi tidak memberikan spanduk sosialisasi stiker dan kebijakan pembatasan BBM.

Sampai hari ini kendaraan pribadi masih diperbolehkan menggunakan BBM jenis premium. Keadaan ini terjadi di sepanjang daerah uji coba yaitu SPBU sepanjang jalan antara Kampung Melayu sampai Senen.

Kebijakan pembatasan BBM akan dilaksakan pada bulan April, berarti hanya tersisa satu bulan saja, sedangkan uji coba hari ini tidak riil, yaitu hanya menempelkan stiker pada enam kendaraan umum saja, apakah ini yang disebut penerapan riil kebijakan tersebut, ataukah hanya eksperimen belaka. Bagaimana dengan rencana kenaikan BBM?.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: