Baresi: Inilah Resep Juara Barca

Legenda AC Milan, Franco Baresi, menyatakan dirinya sendiri sebagai pengagum sepak bola Barcelona. Menurutnya, Barcelona bisa berprestasi tanpa meninggalkan sepak bola indah karena pelatih Josep Guardiola bisa meyakinkan setiap pemain, melibatkan semua pemain, dan membuat mereka gembira saat bermain.

Berikut ini adalah petikan wawancara Baresi dengan Barca TV.

Apa yang Anda ingat dari pertandingan antara Barcelona dan Milan di final Liga Champions 1994?

Saya tentu ingat bahwa Barcelona saat itu adalah tim hebat. Saya tidak bermain di final itu karena diskors. Namun, itu pertandingan bagus bagi kami. Luar biasa. Kami takut kepada Barcelona karena mereka tim yang sangat kuat. Mereka menjuarai liga dan memiliki pemain-pemain bagus. Sepak bola Johan Cruyff selalu spektakuler, tetapi saya pikir, Milan pantas memenangi pertandingan itu. Kami memainkan sepak bola yang bagus.

Apakah Barcelona saat ini adalah evolusi dari tim yang dilatih Cruyff dulu?

Kedua tim berbeda. Kedua-duanya tim hebat, dengan pemain hebat. Saya pikir, tim Guardiola lebih terorganisasi. Mereka memainkan sepak bola menyerang, tetapi juga terorganisasi dengan baik, penuh keterampilan, berkualitas hebat, bergerak cepat dengan bola. Saya yakin, Barcelona yang sekarang ini jauh lebih lengkap dan sangat sulit dikalahkan.

Bagaimana Anda mendefinisikan Barcelona era Guardiola?

Ini adalah tim yang menyenangkan untuk disanksikan. Bagi pecinta sepak bola, saya pikir merupakan kegembiraan melihat Barcelona karena mereka memiliki gelandang dan penyerang menakutkan. Saya sangat menyukai mereka karena itu adalah sepak bola yang menyenangkan dan karena pertunjukkan yang mereka tawarkan

Mereka sering dibandingkan dengan dengan AC Milan era Arrigo Sacchi. Sebagai orang yang bermain untuk Milan, mana yang menurut Anda akan berdampak sangat besar? Sulit membandingkan. Mereka berada pada masa yang berbeda, momen yang berbeda. Milan era Sacchi adalah tim yang hebat. Mereka memainkan sepak bola jenis baru. Itu evolusi besar. Cara mereka menggabungkan kualitas dengan organisasi. Saya pikir, Anda bisa membandingkan mereka dengan dengan Barcelona era Guardiola dalam hal ini: Pemain hebat dan terorganisasi dengan baik. Mereka adalah tim hebat yang sulit dibandingkan.

Siapa yang Anda pikir telah sangat berinovasi dalam sepak bola?

Sacchi fundamental bagi sepak bola Italia saat itu, karena gagasan baru yang ia bawah ke dunia sepak bola Italia dan dunia. Ia sangat penting. Sekarang, Guardiola juga memberikan Barcelona kontinyuitas bermain dan hasil. Tak pernah mudah meraih kemenangan di Spanyol, juga dunia, ketika mereka memainkan sepak bola menyerang, indah, dan terorganisasi sebaik itu. Kekuatan mereka adalah: Kontinyuitas hasil dan penampilan memukau.

Mereka mengatakan bahwa Barcelona ini adalah yang terbaik. Anda setuju?

Ya, saya pikir begitu. Dalam tahun-tahun belajangan ini, Barcelona menjuarai banyak gelar, bermain dengan baik, dan terus meningkat. Dalam lima atau enam tahun, Barcelona memiliki pemain-pemain besar yang luar biasa. Tak muda untuk memenangi apa yang mereka raih akhir-akhir ini.

Apakah dari Barcelona ini ada pemain seperti Franco Baresi?

Saya menyukai para pemain. Bek Pique dan Puyol; gelandang Xavi, Iniesta, dan Busquets. Mereka luar biasa. merupakan kegembiraan bermain dengan mereka. Begitu juga dengan Messi dan Villa, dan semuanya. Saya betul-betul merasa harus menyebut nama mereka semua karena mereka tim yang lengkap. Saya pernah ditanya apakah saya ingin memainkan posisi Pique di tim ini. Saya katakan Pique senang karena ia melihat apa yang dilakukan tim. Ia sangat bagus dan sangat penting dalam pertahanan. Saya pikir akan luar bisa bermain dengan rekan tim seperti itu.

Bagaimana menurut Anda Gerard Pique akan berkembang? Ia memiliki masa depan cerah. Ia sangat muda dan telah memenangi segalanya. Ia adalah juara dunia dan Spanyol, bersama Barcelona. Ia telah mengalami kemajuan pesat dan memiliki masa depan sangat bagus.

Dan soal karier Carles Puyol?

Puyol adalah acuan, seorang legenda untuk Catalonia, untuk Barcelona. Ia adalah contoh profesionalisme, perilaku, dan hubungan baik. Dan, ia telah bermain di level itu bertahun-tahun. Saya mengucapkan selamat untuknya.

Bagaimana Anda menjelaskan bagaimana dua bek ini menerima lebih banyak pelanggaran ketimbang yang mereka lakukan?

Merebut bola dari lawan tanpa melanggar merupakan keterampilan luar biasa dan mereka juga membantu penyerangan. Itu adalah rahasia Barcelona, yaitu bahwa pemain dikuatkan, setiap orang berpartisipasi, dan membuat mereka gembira saat bermain. Apakah ada cara menghentikan Barcelona ini?

Apakah mereka bisa dikalahkan? Anda harus bermain lebih baik dan mungkin lebih cepat dari mereka. Namun, itu tak mudah. Anda harus mencapai level mereka dan kemudian, mungkin Anda bisa mengalahkan mereka.

Siapa pemain dari Barcelona ini yang Anda inginkan ada di tim Milan?

Saya pikir Milan bisa mendapatkan manfaat dari Iniesta, Xavi, dan Messi. Mereka akan bagus bagi kami.

Sumber: http://m.kompas.com/news/read/2011/06/14/09341563/Baresi-Inilah-Resep-Juara-Barca

https://linkjournal.wordpress.com/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: