First Ride Honda Zoomer, Terondol Unik Dari Jepang

Beberapa hari yang lalu pernah disinggung kehadiran motor-motor kecil dari Jepang yang masuk ke Indonesia lewat importir umum (IU). Bentuknya yang unik bikin kru motorplus-online.com ngebet untuk mencoba.

Untungnya, gerai IU Probike di Jl. Panjang Arteri Kelapa Dua No.88A, Kebon Jeruk, Jakbar punya unit Honda Zoomer yang ready stock. Yuk kita jajal motor yang kabarnya dijual Rp 60 jutaan ini!

Desain, Terondol Unik

Bentuknya yang unik membuat siapa saja yang mengendarainya bakal jadi pusat perhatian. Keunikan pertama ada pada desain bodinya yang super minimalis. Bagian belakangnya terondol hanya rangka, sedang bagian bodi yang ada warnanya cuma di bagian depan, tepatnya di bawah setang.

Oiya jangan berpikir kalau bagian ini adalah tanki, yang benar adalah ruang aki dan segala perangkat kelistrikan. Sedang tankinya ada di kolong, tutup tankinya ada di dek bawah. Enggak perlu turun dari jok. Asik kan!

Bagian buntut yang nampak telanjang ini berguna untuk menyimpan banyak barang. Kalau cuma tas berukuran sedang atau skateboard bisa dengan lapang diletakan.

Fitur, Minimalis

Bentuknya minimalis, fiturnya juga minimalis. Coba tengok indikatornya, hampir tidak ada info lainnya kecuali kecepatan dan self diagnosis untuk sistem injeksi bahan bakarnya.

Rumah kunci setangnya sudah dilengkapi dengan pengaman bermagnet, tapi untuk membuka jok dan tutup tanki di dek pijakan kaki tetap harus menggunakan anak kunci secara manual.

Di setang lebarnya, sudah tidak ada lagi saklar lampu utama. Artinya sudah mengaplikasikan automatic headlamp on (AHO).

Performa, Cuma 60 km/jam

Mesinnya cuma 49cc, satu silinder 4 tak dan sudah dilengkapi injeksi bahan bakar PGM-Fi. Tenaganya cuma 4,2 Ps di 8.500 rpm. Powernya ini cuma setengahnya bebek di Indonesia hehee.. Jadi jangan berharap banyak sama larinya, di speedometernya saja hanya tertera kecepatan sampai 60 km/jam.

Tapi soal akselerasi lumayan responsif, enggak selambat yang dibayangkan sebelumnya. Tapi, untuk berkendara sendirian dan jalan-jalan di dalam kota, rasanya enggak ada masalah. Masih enjoy!

Handling, Lincah Meski Gambot

Duduk di atas joknya, rasanya langsung pas. Cukup luas untuk sendiri tapi maksa kalau buat berboncengan. Memang idealnya alas duduk ini hanya untuk solo riding. Dek pijakan kakinya luas dipadu setang lebar dan tinggi, posisi berkendaranya jadi nyaman banget.

Rodanya pakai lingkar 10, mirip Vespa PX. Tapi karena bannya tebal semi-offroad dan suspensinya cukup lembut, getaran akibat jalan bergelombang bisa diredam dengan baik. Wheelbase-nya yang hanya 1.265mm masih lumayan lincah di jalanan macet sekalipun. (motorplus-online.com)

Spesifikasi:

PxLxT: 1,860 × 0,735 × 1,025m

Wheelbase: 1.265m

Ground clearance: 0.145m

Kursi jok: 0.735mBerat: 87kg

Kapasitas tempat duduk: 1 orang

Turning radius: 1.9m

Tipe mesin: 4-tak satu silinder OHC

Total displacement: 49cc

Bore × stroke: 37,8 × 44,0mm

Rasio kompresi: 1:12.0

Maksimum output: 4.2 Ps / 8,500 rpm

Maksimum torsi: 4.0 Nm / 5.500 rpm

Sistem bahan bakar: electronic (PGM-FI)

Kapasitas tangki: 4.8 l

Transmisi: V-matic

Ukuran ban depan: 120/90-10 57J

Ukuran ban belakang: 130/90-10 61J

Sumber: http://m.otomotifnet.com/wap_home/read_article/16018521/2011/06/14/First_Ride_Honda_Zoomer_Terondol_Unik_Dari_Jepang?utm_source=twitterfeed&utm_medium=twitter

https://linkjournal.wordpress.com/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: