Mazda Cetak Rekor Penjualan di Indonesia

Produsen mobil Mazda nampaknya sedang berbahagia. Penjualannya di Indonesia makin hari makin menanjak. Di bulan Mei, Mazda bahkan mencetak rekor penjualan tertinggi mereka selama di Indonesia.

Di bulan Mei lalu, Mazda mencetak penjualan ritel bulanan sebesar 710 unit. Ini adalah rekor baru yang mereka cetak setelah sebelumnya mencetak rekor di angka 700 unit pada bulan April silam.

Secara bersamaan, jumlah penjualan wholesale di bulan Mei juga mencetak rekor yakni dengan distribusi sebanyak 777 unit, naik dari angka 606 di bulan April 2011.

Penjualan ritel sendiri adalah penjualan mobil dari diler ke konsumen. Sementara wholesale merupakan penjualan dari ATPM ke diler.

Dari angka penjualan tadi Mazda2 yang menjadi satu-satunya mobil hatchback yang pernah meraih penghargaan bergengsi World Car of the Year, menguasai 61 persen total penjualan Mazda selama bulan Mei dengan penjualan sebesar 431 unit.

Angka ini naik dari total penjualan bulan sebelumnya yaitu sebanyak 422 unit. Sementara bila di total dengan penjualan Mazda2 sedan, maka angka itu akan bertambah menjadi 473 unit.

Selain Mazda2, Mazda BT-50 juga berhasil terjual sebanyak 168 unit, sementara duet CX-7 dan CX-9 mencetak angka penjualan sebanyak 39 unit dan 16 unit. Adapun Mazda6 terjual sebanyak 12 unit dan RX-8 2 unit.
MMI mengatakan bahwa penjualan CX-7, CX-9, dan Mazda6 yang terkesan kecil itu bukanlah karena minat yang kurang tapi lebih karena dipengaruhi oleh minimnya suplai yang merupakan imbas dari bencana alam di Jepang pada bulan Maret lalu.

Namun Mazda optimis bahwa produksi suplai untuk ketiga model tersebut akan mulai pulih pada bulan Juni ini.

Sementara mengenai rekor yang baru saja dicetaknya, Presiden Direktur PT. Mazda Motor Indonesia Yoshiya Horigome, menjelaskan bahwa rekor penjualan kali ini memberikan indikasi menarik atas reaksi pasar terhadap Mazda.

“MMI memulai tahun ini dengan gas yang ditancap penuh sebagai ATPM (agen tunggal pemegang saham) yang paling cepat bertumbuh di tahun 2010 berdasarkan catatan Gaikindo. Baru saja di April 2011 kami mencatat rekor penjualan tertinggi dalam lima tahun, dan sekarang, kami sudah punya rekor penjualan baru untuk bulan Mei,” ungkapnya dalam rilis yang detikOto terima, Selasa (14/6/2011).

“Kami percaya bahwa pertumbuhan ini bukan hanya memberikan sinyal terhadap rekor penjualan 2011 saja, tetapi juga terhadap pertumbuhan rasa percaya yang sangat signifikan untuk Mazda di Indonesia.” Horigome juga merasa yakin bahwa semakin banyaknya mobil Mazda di jalan-jalan di Indonesia, merupakan tanda yang mencerminkan tumbuhnya kepercayaan pelanggan terhadap layanan purna jual Mazda,” pungkasnya.

Kepercayaan diri Mazda itu menurut Horigome juga ditunjang oleh bertambahnya outlet penjualan mereka di Indonesia. Mazda baru saja menbuka showroom kedua di Bandung pada bulan April lalu dan showroom baru di jalan Suryopranoto Jakarta di bulan Mei.

Selain itu Mazda juga akan segera membuka dealer Mazda Bekasi di bulan Juni ini sesuai dengan komitmen Mazda untuk membuka tiga dealer berturut-turut dalam waktu tiga bulan.

Sumber: http://m.detik.com/read/2011/06/14/191458/1660345/648/mazda-cetak-rekor-penjualan-di-indonesia

https://linkjournal.wordpress.com/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: