Nih, Cara Hitung Konsumsi BBM di Adu Jago Irit Revo 2011

Lomba irit Honda Revo bertajuk “Adu Jago Irit Revo 2011” sedang digelar di banyak kota di Indonesia. Hasil dari kompetisi ini cukup fantastis. Di Medan, Honda Revo bisa tembus 78 kilometer dengan satu liter bensin. Bahkan di Sidoarjo bisa mencapai 104 kilomtere per liter.

Wah, akhirnya banyak yang bertanya. Bagaimana cara menghitungnya, kok bisa hemat banget? Dari pada ragu, lebih baik tanyakan langsung pada Petrus Yulianto, dari Service Enginer, PT Astra Honda Motor (AHM) yang bertanggung jawab pada penghitungan konsumsi bahan bakar pada kompetisi ini.

“Kita menghitung konsumsi bahan bakar berdasarkan bobot bensin,” buka Petrus. Bobot bensin dipilih karena bisa diukur lebih presisi. “Menggunakan timbangan digital angkanya bisa sampai seperseribu,” jelasnya.

Sebenarnya bisa digunakan cara full to full atau top up pada tanki bahan bakar. Cara ini lebih mudah tapi kurang presisi karena susah mengamati batas bensin saat berangkat dan setelah finish.

Rumus yang dipakai oleh Honda adalah; konsumsi bahan bakar diperoleh dari jarak (meter) dikali berat jenis bensin (gram/liter), hasilnya di bagi dengan berat bahan bakar yang terpakai (gram).

Di Medan jarak yang ditempuh semua peserta adalah 17 kilometer. “Jarak sudah ditentukan, kami sengaja tidak menggunakan odometer karena biasanya ada deviasi yang bisa merugikan peserta,” ungkap pria yang berkantor di Cakung, Jakarta Timur.

Sebelumnya, tim survey sudah mengukur rute yang akan dilewat. Ada tiga simulasi, menggunakan jalur paling kanan, paling kiri dan tengah. Kemudian hasilnya dirata-rata. Untuk Medan dapat 17 kilometer. Sedang kota lain bisa berbeda, tapi tetap dalam kisaran 15 sampai 20 kilometer.

Sebelum berangkat, peserta dipersilahkan memilih sendiri botol bensin yang akan digunakan kemudian ditimbang. Begitu juga setelah mencapai garis finish, bensin kembali ditimbang. Bobot bensin yang terpakai adalah bobot bensin sebelum berangkat dikurangi bobot bensin setelah finish.

Misalnya, saat berangkat bobot bensinnya 480 gram, saat finish bobotnya 280 gram, artinya bobot bensin yang terpakai adalah 200 gram. Kalau data sudah lengkap tinggal masukan ke rumus.

Berarti, 17 kilometer atau 17 ribu meter dikali berat jenis bensin di Medan yang didapat 0,7 gram/liter. Kemudian dibagi dengan berat bahan bakar yang digunakan yaitu 200 gram. Hasilnya 59,5 liter per kilometer.

Peraturan Ketat dan Harus Boncengan

Selama lomba, peraturan yang diberlakukan panitia sangat ketat. Kunci kontak, tuas choke, kran bensin dan bagian atas tutup botol tempat bahan bakar di segel. “Kalau segel rusak kami nyatakan gagal,” terang Petrus.

Artinya selama perjalanan yang ditempuh dengan boncengan, mesin tidak boleh mati. Saat berhenti di pos atau belanja, mesin motor tetap hidup. Lalu kenapa bisa irit? Lagi-lagi karena cara berkendara yang hemat (pernah di bahas pada artikel sebelumnya, klik di sini) dan keberuntungan ditengah perjalanan.

Kalau sering terjebak macet atau berhenti di traffic light pasti jadi lebih boros. “Selain itu, tiap kota beda-beda rutenya. Di Sidoarjo bisa sangat irit karena rute yang dipilih ada disekitar bandara yang tidak terlalu ramai. Tapi di Medan, bisa lihat sendiri macet dimana-mana,” tutup pria ramah yang selalu tampil rapi ini.

Enggak penasaran lagi kan?

Sumber: http://m.otomotifnet.com/wap_home/read_article/16018821/2011/06/14/Nih_Cara_Hitung_Konsumsi_BBM_di_Adu_Jago_Irit_Revo_2011?utm_medium=twitter&utm_source=twitterfeed

https://linkjournal.wordpress.com/

2 Comments to “Nih, Cara Hitung Konsumsi BBM di Adu Jago Irit Revo 2011”

  1. Superb document and additionally simple to make sure you recognize justification. Exactly how can Document keep performing obtaining concur to make sure you publish component for the post into my approaching e-newsletter? Getting correct credit scores in your direction all the publisher and additionally web page link to website won’t deemed a dilemma.

  2. Very good suggestions, personally Im gonna have to bookmark this and come back to it. What would you suggest in regards to your post that you made a few days ago?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: