Alpukat Bisa Jadi Pengganti Daging

Berhentinya pasokan sapi dari Australia bakal berimbas pada kurangnya persediaan daging sapi di pasaran. Ternyata banyak bahan makanan bisa dipilih sebagai pengganti protein daging. Lebih sehat dan murah lagi!

Untuk memenuhi sumber protein pada tubuh, tidak hanya dari protein hewani saja, tapi juga bisa dari protein nabati yang sama baiknya. Selain lebih murah, protein nabati juga tidak mengandung kolestrol dan lemak jenuh.

Daging merah memang sangat disarankan untuk memenuhi kebutuhan akan zat besi. Kekuangan gizi mikro ini akan menyebabkan penurunan kadar hemoglobin, yang disebut dengan anemia. Namun, jika terlalu banyak sumber protein hewani, tentu saja akan beresiko tinggi terhadap serangan jantung, kanker hingga stroke.

Agar tubuh tetap mendapatkan sumber protein yang sama baiknya dengan daging merah. Berikut beberapa sumber protein nabati yang dapat menggantikan sumber protein hewani :

Selai kacang
Dalam selai kacang mengandung 28% protein protein dan lemak tak jenuh yang bisa melindungi penyakit kardiovaskular atau pembuluh darah jantung. Kacang juga mengandung resveratrol, antioksidan yang sama pada anggur merah sehingga membuat jantung lebih sehat. Namun, kacang bukanlah protein lengkap.

Alpukat
Tidak seperti buah pada umumnya, alpukat mengandung protein, karbohidrat, dan omega 6 sehingga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam darah. Alpukat mengandung 2% protein lengkap serta serat yang baik untuk penceranaan. Makan 15 buah alpukat setara dengan protein satu potong ayam.

Nasi merah
Nasi merah kaya mineral dan serat yang bagus untuk menurunkan glikemik indeks. Makanan ini mengandung 2,5 % protein tidak lengkap. Jadi campurkan dengan sumber protein tidak lengkap lainnya untuk membuat asam amino.

Ubi
Ubi mengandung kalori yang rendah, namun kaya antioksidan seperti betanin yang mengandung sifat antiinflamasi dan meningkatkan kinerja hati. Ubi memiliki 3% protein lengkap yang dapat melengkapi protein lainnya. Enam potongan kecil ubi sama dengan satu potong ayam.

Buncis
Buncis memiliki lemak yang rendah dan tinggi protein, sehingga menjadi salah satu asupan yang baik untuk tubuh. Buncis dapat menjadi alternatif pengganti daging yang lebih murah. Buncis memiliki 23%
protein. Karena tiak lengkap, gabungkan dengan kacang lainnya, nasi, dan beberapa jenis bijian.

Gandum
Gandum hanya mememiliki protein lengkap di bawah 3%. Kaya akan betaglucan yang terbukti dapat mengurangi kadar kolesterol. Mangan, antioksidan dan sumber seleniumnya juga baik untuk tubuh. Gandum juga mengandung glikemik indeks yang rendah sehingga memberi rasa kenyang lebih lama.

Sumber: http://m.detik.com/read/2011/06/15/104227/1660567/900/alpukat-bisa-jadi-pengganti-daging

https://linkjournal.wordpress.com/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: