Ford Pegang Rekor Recall Mobil Besar-besaran

Penarikan mobil (recall) besar-besaran yang dilakukan Toyota di Amerika pada tahun lalu sontak membuat dunia kaget. Tapi bila ditelusuri, Toyota bukanlah pabrikan mobil yang paling banyak menarik mobil dalam satu waktu. Rekor recall terbesar masih dipegang oleh Ford.

Tahun 2010 lalu Toyota terpaksa harus melakukan penarikan kembali 5,3 juta mobil mereka karena ketika itu ditenggarai memiliki cacat terutama di bagian pedal gas yang dikatakan cacat.

Namun seperti dilansir topspeed, dalam sejarah recall di Amerika angka 5,3 juta itu ternyata bukanlah yang terbesar. Angka recall terbanyak yang pernah dilakukan di negeri Paman Sam tersebut ternyata justru dilakukan oleh pabrikan mobil asal Amerika sendiri yakni Ford.

Ford tercatat melakukan recall besar-besaran pada tahun 1996 yang melibatkan 7,6 juta kendaraan akibat masalah pada ignition switch yang menyebabkan beberapa mobil terbakar tanpa sebab.

Selain Ford, pabrikan Amerika lain yakni General Motors juga tercatat pernah melakukan recall besar-besaran pada tahun 1971 yang melibatkan 6,7 juta kendaraan karena masalah di bagian mesin dan 5,8 juta kendaraan di tahun 1981 karena masalah suspensi.

Itu adalah tiga besar recall terbesar di Amerika. Toyota sendiri dengan menarik 5,3 juta kendaraan tahun lalu menempati posisi 4 dalam sejarah recall disana.

Di posisi lima dan enam Ford kembali dengan recall masing-masing 4,5 juta kendaraan di tahun 2005 dan 2009 karena masalah pada cruise control.

Di posisi tujuh recall terbesar dalam sejarah juga masih diisi oleh Ford ketika di tahun 1972 terpaksa harus merecall 4 juta kendaraan karena ada masalah di sabuk pengaman.

Di posisi delapan ada General Motors yang di tahun 1973 menarik 3,7 juta mobil akibat masalah di mesin.

Di posisi sembilan Volkswagen tercatat menarik 3,7 kendaraan di tahun 1972 karena cacat pada wiper. Wiper mobil Volkswagen ketika itu mudah sekali copot.

Dana melengkapi posisi 10 besar, ada Honda yang menarik 3,7 juta kendaraan akibat masalah pada sabuk pengaman di tahun 1995 silam.

Sumber: http://m.detik.com/read/2011/06/15/172938/1661124/648/ford-pegang-rekor-recall-mobil-besar-besaran

https://linkjournal.wordpress.com/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: