Tips Anti Dehidrasi

50-60% dari berat badan manusia terbentuk oleh air yang berada di dalam tubuh. Untuk menjaga pasokan air yang berada di dalam tubuh kita selalu seimbang, berikut tips dan trik untuk selalu menjaga pasokan cairan didalam tubuh:

1. Cairan di dalam tubuh berfungsi untuk mengangkut nutrisi & oksigen ke dalam sel-sel tubuh, melancarkan proses pencernaan, mengatur temperatur tubuh, pelumas dalam pergerakan sendi serta sebagai tempat produksi energi

2. Saat beraktivitas normal sehari-hari, secara ideal tubuh membutuhkan 1-1.5 L konsumsi cairan tiap hari untuk menjaga level hidrasi yang baik. Nilai 1-1.5 L ini adalah total cairan yang dalam sehari hari keluar melalui keringat, buang air besar & kecil dan uap air dalam proses pernafasan.

3. Jumlah kebutuhan air dapat meningkat untuk individu yang mempunyai aktivitas fisik tinggi seperti penggiat olahraga, atlet atau juga pekerja industri.

4. Minum secara rutin sepanjang hari untuk menjaga tingkat hidrasi yang baik. Jangan menunggu rasa haus timbul. Rasa haus merupakan gejala awal dehidrasi.

5. Sebelum latihan olahraga pastikan tubuh mempunyai level hidrasi yang baik.Saat olahraga minum secara rutin untuk menjaga performa. Dan setelah olahraga gantikan tiap berkurangnya 1kg berat badan akibat keluarnya keringat dengan 1-1.5 L air.

6. Dalam aktivitas olahraga, baik sebelum, sedang ataupun setelah latihan/pertandingan. Konsumsi minuman yang mengandung karbohidrat seperti minuman olahraga (sports drink) atau jus buah (encer) bermanfaat bagi kesehatan serta performa olahraga karena secara simultan dapat: – membantu menjaga level hidrasi tubuh
-mencegah hipoglikemia (penurunan glukosa darah)
-mempercepat penyerapan cairan
-menambah asupan tenaga.

7. Cara termudah dan akurat untuk mengetahu level hidrasi tubuh adalah dengan melihat warna urin. Warna urin yang cerah dengan volume yang banyak menandakan level hidrasi tubuh yang baik sedangkan urin berwarna gelap/keruh menandakan dehidrasi.

8. Dehidrasi berbahaya bagi kesehatan dan membuat beban kerja tubuh menjadi lebih berat.

9. Dehidrasi mempengaruhi daya kerja otak seperti konsentrasi serta kecepatan reaksi, faktor penting yang harus dijaga saat bekerja ataupun saat latihan/ pertandingan olahraga kompetitif.

10. Ciri-ciri dehidrasi : haus, pusing, lemas dan muntah-muntah.

Ditulis oleh: joe.thepooh@gmail.com

https://linkjournal.wordpress.com/

One Comment to “Tips Anti Dehidrasi”

  1. hello there and thank you for your info – I’ve certainly picked up something new from right here.I did however expertise several technical points using this site, since I experienced to reload the site a lot of times previous to I could get it to load properly.I had been wondering if your hosting is OK? Not that I am complaining, but sluggish loading instances times will very frequently affect your placement in google and can damage your high-quality score if ads and marketing with Adwords.Well I’m adding this RSS to my email and can look out for a lot more of your respective fascinating content.Ensure that you update this again very soon

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: