Toyota Soluna 2000 Kembali Muda

Terlahir dengan tampilan standar ternyata tidak membuat pemilik Toyota Soluna ini cukup puas. Lantas Toyota Soluna jebolan 2000 itu pun ia sempurnakan dengan memanfaatkan ‘baju’ Toyota Soluna 2001-2003.Namun setelah mempetimbangkan faktor fungsional, pemiliknya yakni Akbar Bakti tidak banyak mengubah tampilan. Ide pertama keluar adalah konsep rally style minimalis.

“Alasannya aliran ini tidak banyak penganutnya dan sesuai umur, fungsional karena suka dipakai ke kantor seminggu 3 kali atau weekend driving,” pungkas Akbar kepada detikOto beberapa hari lalu.

Berbagai komponen Toyota Soluna 2001-2003 ia kumpulkan, mulai dari headlamp, turnlight, stoplamp hingga grille. Sementara untuk bumper depan Soluna 2000 dipertahankan dengan alasan masih sangat sporty.

Tapi karena dudukan grille antara Soluna 2000 dan Soluna 2001 sudah berubah, lantas pria berusia 32 tahun itu merubah kerangka (ganti frame). Alhasil grille Soluna 2001 bisa disematkan. “Enggak sulit untuk mengubahnya, cuma ganti kerangka aja. Biar agak mudaan dikit,” cetusnya.

Ubahan lainnya pada sedan Jepang itu pada sektor kaki-kaki. Nah, sangat asyik membahas konsep kaki-kaki yang Akbar tawarkan, tak salah jika ia cukup pede melenggang dengan sedan dijuluki taksi kota tersebut.

Namun ubahan kaki-kaki tidak menjalar sampai ke suspensi. Peredam getaran Soluna 2000 dipertahankan. Begitu juga dengan mesin kapasitas 1.498 cc, 4 silinder twincam bertenaga 95 dk pada 6.500 rpm dan torsi 12 kgm pada 4.800 rpm.

Berbagai cara ia lakukan untuk mengubah sedan lawas itu salah satunya menggunakan pelek Sparco Chromodora putih berukuran 15×7 inci. Setelah kiranya cocok, pria asal kota Gudeg itu membalurnya dengan ban Dunlop SP Sport LM703 195/55.

Tak sampai disitu, rahasia lain untuk mempercantik tampilan sedan tersebut Akbar menyematkan ducktail berbahan karet, antena ball (angka delapan) hingga muffler lip custom yang ia dapatkan dari salah satu toko aftermarket di seputaran Jakarta.

Tinggal urusan interior. Agar lebih sepadan dengan tampilan luar yang sudah klimis, pria yang bermukim di Jakarta Timur itu membungkus jok dan doortrim dengan bahan kulit sintetis MB Tech New Superior warna Black, sementara bawaan pabrik dilucuti. Perlakuan itu juga sampai ke sektor dek speaker belakang. “Lumayan agak bersihan dalamnya,” ujarnya.

Dengan itu, ia pun merasa puas. Alhasil Toyota Soluna pun muda kembali. Dan untuk menemani ketika berkendara, bagian audio ia lengkapi dengan head unit Pioneer DEH P4050UB Single Din + iPod Nano Touch 16GB yang teritegrasi dengan speaker depan pioneer, tweeter pioneer dan speaker belakang venom.

Secara konsep, Akbar cukup hingga sampai kini. Dana tidak sampai 11 juta itu dirasa masuk untuk memodifikasi gaya rally style minimalis. “Dana kurang lebih Rp 10 juta,” tutupnya.

Modifikasi tambahan:
– Lampu rem tambahan : LED aftermarket
– Krey Belakang lebar 1meter untuk menghindari panas pada penumpang belakang.
– Setir Momo dan Shift knob Momo.

Sumber: Detik.com

LinkJournal

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: