Google Mendigitalkan Buku-buku Kuno Perpustakaan Inggris

Tidak berapa lama lagi Anda bisa membaca buku kuno abad ke-18 yang ada di Perpustakaan Inggris (British Library) melalui komputer Anda. Ya, ini berkat kesepakatan antara Google dengan British Library, yang memberi hak Google untuk mendigitalkan buku-buku di perpusatakaan tersebut.Kabar yang dilansir abcnews.go.com menyebut, kesepakatan tersebut tercapai pada Senin ini di London. 

Pada tahap awal dari kesepakatan tersebut, Google akan mendigitalkan buku-buku terbitan antara tahun 1700 sampai 1870. Ada buku terbitan pada rentang tahun itu yang menulis tentang kapal selam pertama yang digerakkan oleh mesin.

Buku-buku tersebut akan dipindai (scan) oleh Google, dan dipublikasikan melalui kanal Google Books, yang bisa diakses secara gratis. Pengguna boleh membaca, dan bahkan mengunduh buku-buku tersebut.

Selama tiga tahun pertama dari proyek digitalisasi tersebut, Google akan memindai sekitar 40 juta halaman buku. Dalam jangka panjang, sampai tahun 2020 diharapkan 14 juta buku dan 1 juta buletin berkala yang ada British Library sudah bisa dipindahkan dalam bentuk digital.

Baik Google maupun British Library tidak mengungkapkan harga yang harus dibayar Google untuk mendapatkan hak mendigitalkan buku-buku tersebut. “Nilainya banyak,” hanya itu yang disampaikan oleh juru bicara Google Eropa Peter Barron. 

Buku-buku yang akan didigitalkan pada tahap pertama tersebut amat bermanfaat bagi para ilmuwan, peneliti dan peminat sejarah abad pertengahan Eropa. 

Sejauh ini Google sudah menjalin kerja sama dengan lebih dari 40 perpustakaan besar di sejumlah negara untuk mendigitalkan koleksi mereka, yang sudah mencapai 13 juta buku. Buku-buku yang sudah didigitalkan itu semuanya sudah kehilangan hak ciptanya.

Google memang sudah pula memindai banyak buku yang masih dilindungi hak cipta. Namun, langkah Google ini ditentang oleh banyak penerbit, dan kini masih dalam sengketa hukum di Amerika Serikat.

Sumber: wartakota

LinkJournal

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: