Motkas Bebek Super Pastikan Fitur Sehat

Membeli motor bekas (motkas)  super, agak beda dibanding membeli bebek bisa. Bukan karena harga yang pasti lebih mahal. Tapi beberapa teknologi dan fitur yang dimilikinya bisa jadi atau sudah tidak sehat kalau tidak dicek lebih teliti. 

“Perlu lebih hati-hati dan teliti,” papar Uki Ramdani yangbuka showroom motkas di kawasan Pancoran, Jakarta Selatan.

Di katagori bebek super dan perkasa itu ada beberapa pemain. Seperti Suzuki Satria F-150, Honda CS-1, Kawasaki Kaze ZX dan Yamaha Jupiter MX 135LC.

Pilihan masyarakat umumnya kalangan menengah ke atas lebih dominan memilih bebek super ini. Salah satunya Ahmad Rizal. “Dilihat dari desain dan kapasitasnya, bebek sport mumpuni buat diajak mudik ke kampung halaman saat Lebaran nanti,” ujar Rizal.

Walau sebagai bebek super penurunan harga yang dialami cukup besar. Misalkan Satria F-150 yang di tahun ke-3 atau lansiran 2008 bisa mencapai 30-35 persen. Kawasaki ZX130 yang kini stop produksi bisa lebih dari itu, tahun 2007 bisa dijual  Rp 6,5 juta. Begitu juga Jupiter MX 135LC yang pemakaian dua tahun sudah berkurang 40 persen.

CS-1 yang tergolong agak bertahan dengan penggunaan 3 tahun turun sekitar 4 jutaan, dari harga sekarang yang Rp 17,25 juta (kurang 30 persen). “Pada momen seperti Lebaran nanti, harga itu kemungkinan bisa merangkak lagi seiring permintaan,” prediksi Uki. 

Dalam pemilihan motkas bebek super ini gak boleh asal. Mesti lihat kondisi motor. Terutama  mesin. Apalagi teknologi lebih kompleks. Misalkan, mereka sudah menggunakan cairan pendingin seperti di Jupiter MX, bahkan untuk CS-1 radiator pendingin sekaligus juga kipas elektrik yang membantu penurunan suhu.

Teknologi mesin DOHC pada Satria F-150 yang canggih ibarat dua sisi mata uang. Satu sisi, power yang dihasilkan lebih tinggi, namun akan membebani kantong ketika ada komponen yang bermasalah. “Spare-parts-nya juga lumayan mahal,” tambah Bowo, mekanik dari Bowo Motor di Warung Buncit, Jakarta Selatan.

“Pengecekan harus lebih teliti. Seperti bagaimana kondisi pendinginannya? Sebab akan mempengaruhi mesin dan juga performa,” ulas Bowo.

Mesin adalah salah satu sumber tenaga yang mesti dirawat. Karena nggak bisa dibongkar, maka sebagai pembeli harus mendengarkan suara mesin hanya dengan bantuan indera pendengaran. “Sebisa mungkin suara mesin dalam keadaan halus. Perhatikan juga cairan radiator dan oli bercampur tidak. Kalau memang sudah, bagusnya jangan dibeli,” ingat Bowo .

Kondisi bagus bikin harga jual kembali jadi lebih tinggi.

DAFTAR HARGA

KAWASAKI

ZX130 2006  Rp 5,1 jutaan

ZX130 2007  Rp 5,5-6 jutaan

ZX130 2008 Rp 6-7 jutaan

HONDA

CS-1 2007    Rp 12,5 jutaan

CS-1 2008    Rp  13-13,5 juta

CS-1 2009    Rp  13,8 jutaan

CS-1 2010    Rp  15,5 jutaan

SUZUKI

F150 2007   Rp 11 jutaan

F-150 2008  Rp 11,5-12 jutaan

F-150 2009  Rp 12,4-12,9 jutaan

F-150 2010  Rp  13,4-14 jutaan

YAMAHA

MX 135LC 2006   Rp 6,6 jutaan 

MX 135LC 2007   Rp 7,2 jutaan

MX 135LC 2008   Rp 7,7 jutaan

MX 135LC 2009   Rp 8,5 jutaan

MX 135LC 2010  Rp 9,4 jutaan

Sumber: otomotifnet

LinkJournal

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: