Mau Tau Bagaimana Iritnya Jaguar

Ada anekdot lama yang berbunyi ‘mobil kencang pasti boros.’ Nah Jaguar nampaknya mau mematahkan pepatah lama tersebut. Hal itu dibuktikan di Jaguar XF 2.2D yang sanggup berjalan sejauh 1.312 km tanpa perlu isi bensin.Produsen mobil Inggris ini membuktikan hal itu dengan memaksa sebuah sedan Jaguar XF 2.2D sedan terbaru untuk ‘berjalan-jalan’ dari kantor pusat Jaguar di Birmingham, Inggris hingga ke Munich di Jerman hanya dengan solar yang terisi di dalam tangkinya.

Ini merupakan salah satu pencapaian terbesar yang ditorehkan Jaguar dan merupakan mesin sedan paling efisien bahan bakar yang pernah dibuat Jaguar dalam sejarah perusahaan.

Jaguar XF 2.2D mengusung sebuah mesin diesel standar empat silinder yang sudah dilengkapi dengan turbo-diesel. Dengan tangki yang sanggup menampung 64 liter solar, Jaguar XF 2.2D pun sanggup mencapai Munich dari Brimingham yang berjarak sekitar 1.312 km.

Dengan begitu, mesin berkapasitas 2.2 liter yang digendongnya tersebut mampu menghirup bahan bakar pada tingkat rata-rata 4,9 liter/100km atau 1:20,4 km per liter.

Terlihat biasa? Tidak juga. Sebab Jaguar XF 2.2D baru yang kabarnya baru akan masuk showroom pada bulan September ini memiliki tenaga sebesar 142 kW dengan torsi sebesar 450 Nm yang membuatnya mampu berakselerasi dari diam sampai 100 km perjam hanya dalam waktu 8,5 detik saja.

Untuk pengetesan kali ini, Jaguar XF 2.2D yang dites dikemudikan oleh sopir tes independen, David Madgwick dan navigator Alexander Madgwick. Setelah pemeriksaan akhir sebelum berangkat, tutup bahan bakar disegel di pabrik Jaguar Bromwich Castle. Setibanya di Munich, mobil tersebut disambut oleh Kepala Program Jaguar XF Insinyur, Andy Whyman.

“Seluruh tim pengembangan sangat bangga dengan apa yang telah dicapai XF 2.2 baru. Ini tidak hanya membuktikan efisiensi model baru, tetapi menggarisbawahi bahwa kinerja dan tingkat ekonomis dapat dikombinasikan,” ungkap Whayman seperti dikutip dari caradvice, Minggu (3/7/2011).

Sumber: detikoto

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: