Segarnya New Sirion

Setelah sebelumnya New Sirion dilepas dipasar negeri jiran Malaysia dengan nama Perodua Myvi, kini PT Astra Daihatsu Motor (ADM) siap memasarkan hatchback tersebut di Tanah Air. Dan sebagai pemanasan, ADM menantang sejumlah jurnalis untuk menjajal kemampuan New Sirion.Rute yang dipilih pun tergolong sangat ibukota, dimana terdapat jalanan cukup lengang di tol JORR, hingga jalanan super padat di Semanggi. Lalu, seperti apa kehandalan mobil yang digadang-gadang sebagai varian flagship ADM ini? Yuk, lanjut.

Desain, Makin Stylish dan Segar

Dari luar, tampilan New Sirion terasa lebih stylish dibanding versi sebelumnya. Ini berkat desain anyar dari headlamp, bumper depan, gril dan kap mesin di bagian depan. Sedangkan samping dan belakang, kesan segar hadir berkat penggunaan desain pilar yang sedikit membulat, serta stoplamp vertikal.

Desain interior juga diperbaharui dengan aplikasi headunit carbon look yang terintegrasi pada dashboard. Istimewanya, pada varian 4-speed otomatis, New Sirion menempatkan tuas persneling di atas, seperti pada MPV Luxio. 

Tampilan panel meter cluster juga menarik. Sebab mampu memadukan tipe analog beriluminasi dan digital dengan apik.

Fitur dan Teknologi, Modern Namun Fungsional

Tak hanya mengubah tampang, beberapa fitur baru juga disematkan pada New Sirion, yang menunjang kenyamanan berkendara. Diantaranya electric power steering (EPS), headlamp berproyektor, meter cluster multifungsi dan seatbelt 3P ELR di jok belakang.

Meter cluster multifungsi ini terdiri dari speedometer, tachometer dan thermometer pada bagian analog. Sedangkan display digital akan menampilkan volume bensin, jarak tempuh yang bisa diraih, serta konsumsi rata-rata BBM selama perjalanan. Asiknya, seluruh fungsi panel tersebut juga mudah terbaca.

Performa, Irit Berkat EPS

Walaupun masih mengandalkan mesin 1.300 cc VVTi berdaya 90 dk seperti yang tertanam pada model lawasnya, tetapi New Sirion diklaim memiliki konsumsi BBM yang lebih efisien. Hal ini karena fitur EPS yang kini tak lagi membebani putaran mesin.

Hasilnya, saat versi 4-speed otomatis dikemudikan dijalanan macet, panel konsumsi rata-rata BBM menunjukan angka 1:12 km, cukup irit. 

Meski irit, tetapi saat dibawa berakselerasi di jalanan yang agak sepi, kemampuan New Sirion tetap mumpuni.  Bahkan saat dikebut di tol JORR, untuk meraih angka 130 km/jam terasa sangat mudah.

Handling dan Kenyamanan, Stabil di Jalan Bebas Hambatan

Menyasar segmen anak muda, Daihatsu juga tidak melupakan urusan handling dari New Sirion yang menunjang kenyamanan pengguna saat ngebut di jalan tol. New Sirion terasa stabil saat dikebut di tol. Tak ada gejala limbung setidaknya sampai kecepatan 130 km/jam.

Tentu konsekuensi dari kestabilan di jalan tol ini terpaksa ditebus dengan suspensi yang terasa keras saat dipakai di jalan bergelombang, atau berlubang. Namun, pengguna bakal terpuaskan dengan senyapnya kabin yang cukup mumpuni.

Harga dan Pesaing

Dilepas dengan harga sekitar Rp 139,5 – 150,5 juta membawa New Sirion turun kelas, dari kategori hatchback low, ke kelas compact car. Di pasaran Indonesia, kelas ini telah disesaki oleh Proton Savvy, Nissan March, Suzuki Splash, Chevy Spark dan pendatang baru, KIA New Picanto.otomotifnet
LinkJounal 

One Comment to “Segarnya New Sirion”

  1. whoah this blog is magnificent i love reading your posts.Keep up the good work! You know, many people are looking around for this info, you could help them greatly

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: