Cegah Haus Saat Puasa

Sering lemas atau pusing selama berpuasa? Jangan anggap sepele, jika tubuh ‘haus’ bisa terjadi masalah serius pada kesehatan. Ada cara sederhana buat menambah asupan cairan ke dalam tubuh.

Bagi orang yang berpuasa, tantangan terberat adalah menahan rasa dahaga apalagi ditambah dengan cuaca panas. Meski godaan untuk minum masih bisa diatasi, tetap harus waspada.

Dehidrasi tidak hanya bikin mulut dan kulit kering, haus, ngantuk, dan sakit kepala. Tetapi juga bisa menyebabkan komplikasi serius. Pada saat udara panas, sebaiknya tingkatkan asupan air ke dalam tubuh. Keseimbangan asupan makanan dan minuman adalah kunci untuk terbebas dari dehidrasi

Agar puasa berjalan dengan nyaman, ada beberapa trik sederhana yang bisa dicoba untuk menambah cairan tubuh. Cairan tidak hanya berupa air putih. Trik berikut ini bisa Anda coba.

Penuhi kebutuhan cairan
Minumlah 2 liter air mineral setiap hari secara teratur saat sahur dan berbuka agar terhindar dari dehidrasi. Kurangi minuman manis kala sahur dan berbuka agar mencegah keluarnya air seni secara berlebih yang bisa merangsang rasa haus timbul lebih cepat.

Sayur dan buah
Makan buah dan sayuran segar saat sahur dan berbuka bisa membuat tubuh terhindar dari dehidrasi. Serat pada buah dan sayur juga baik untuk memelihara rasa kenyang lebih lama. Pilihlah buah dengan kadar air tinggi seperti melon, semangka, jeruk, mentimun dan tomat.

Perhatikan warna air seni
Jika asupan cairan pada tubuh terpenuhi dengan baik, urin akan berwarna pucat seperti jerami. Tetapi, jika warnanya pekat, artinya tubuh kurang akan cairan. Untuk memenuhinya perbanyaklah minum air mineral saat berbuka dan sahur.

Sedia minuman
Biasakan untuk selalu sedia air mineral dimanapun berada. Bawa air minum jika bepergian sehingga setelah buka hingga malam tetap bisa minum setiap saat hingga waktu sahur.

Buat jus buah sendiri
Tidak hanya cukup dengan air mineral, memenuhi asupan cairan juga bisa didapat dari jus buah segar. Cobalah untuk membuat kombinasi dari beberapa buah segar tanpa memberi gula tambahan agar khasiatnya optimal.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: