Ke Semarang Tidak Hanya Beli Lunpia

Lebaran dan pulang kampung adalah satu sisi mata uang, lebaran dan oleh-oleh adalah sisi mata uang lainnya. Barangkali analogi ini pas untuk menggambarkan suasana Sanggar Batik Semarang 16.

Sejak lebaran hari pertama, sanggar yang berada di tengah kebun jati di Desa Sumberrejo, Meteseh Tembalang ini, tak pernah sepi dari pengunjung. Menurut Listyowati, Manajer Pemasaran Batik Semarang 16, para pengunjung yang datang ke kompleks sanggar tidak hanya untuk berbelanja batik saja, namun banyak juga yang sekadar melihat-lihat.

“Biasanya pada kunjungan pertama, mereka hanya melihat-lihat, kemudian pada kunjungan berikutnya bersama teman atau keluarga baru belanja,” kata Listyowati, Selasa (7/9/2011).

Peningkatan omzet batik semarang yang mengunggulkan motif gaya Semarang ini, memang terjadi dalam minggu terakhir bulan Ramadhan. Namun saat lebaran juga masih cukup tinggi. Hal ini karena di Semarang memang masih sedikit sekali perajin batik. Apalagi yang memproduksi motif sendiri.

Menurut Listyowati, yang paling laku adalah jenis batik cap satu warna. Sedangkan untuk motif antara motif geometris dan non geometris berimbang. “Yang jelas kalau satu warna atau istilah kami K-1 harganya lebih murah. Karena prosesnya juga lebih pendek,” kata Listyowati.

Batik Semarang 16 sendiri memiliki sekitar 800 motif yang semuanya sudah didaftarkan HAKI. Motif itu terdiri dari motif hasil eksplorasi ikon kota Semarang, kuliner Semarang, flora dan fauna Semarang, legenda kampung Semarang, dan juga sejarah kota Semarang.

Sicilia Suharti, seorang pengunjung asal Banten mengaku tertarik dengan Batik Semarang karena sangat berbeda dengan batik pada umumnya. “Kita bisa memilih mau warna alam atau warna yang nge-jreng. Sayangnya, untuk yang sudah dijadikan baju masih sedikit. Buat kami yang sering tidak sempat menjahitkan kain, sedikit mengganggu. Tapi sisi baiknya, kita bisa menjahit sesuai model dan ukuran kita,” kata Sicilia yang asli dari Banyumanik, Semarang.
http://m.kompas.com/news/read/2011/09/06/12503859/Oleh.oleh.Semarang.Tak.Hanya.Lumpia…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: