IHSG Masih Belum Stabil

Aneka sentimen terus mewarnai bursa nasional yang bermuara pada penyelesaian krisis utang di Eropa dan cenderung melemahnya perekonomian Amerika Serikat. Kondisi ini membuat pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) cenderung volatil. Lebih dari 60 persen dana yang masuk ke pasar modal kita adalah dana investor asing.

Konfirmasi Perancis dan Jerman untuk terus mendukung penyelesaian krisis Yunani untuk sementara berhasil mendorong bursa Eropa dan AS ditutup menguat. Pemimpin Perancis dan Jerman meyakinkan pasar bahwa Yunani masih akan tetap tergabung dalam Uni Eropa. Selain itu, kedua pemimpin juga berkomitmen untuk mencegah terulangnya kepanikan pasar finansial paska kejatuhan Lehman Brothers.

”Ketidakpastian menjadi faktor utama volatilitas bursa, besarnya keraguan terhadap kemampuan Yunani untuk membayar kewajiban jangka panjang serta efek domino dari kegagalan tersebut menjadi sentimen utama. Bank-bank Perancis saat ini memiliki eksposur terbesar terhadap utang Yunani,” papar analis HP Sekuritas, Yanuar Pribadi, Kamis (15/9/2011) di Jakarta.

Menurut Bloomberg, yield obligasi pemerintah Yunani bertenor satu tahun saat ini diperdagangkan dengan yield 127 persen, sementara yield bertenor dua tahun berada di 68 persen. Tim peninjau dari Bank Sentral Eropa, IDana Moneter Internasional (IMF), dan Komisi Eropa akan kembali pekan ini untuk menentukan apakah berdasarkan kesepakatan Mei 2010 Yunani akan terus menerima bailout tahap selanjutnya. Di sisi lain, data ekonomi AS retail sales dan PPI yang dirilis semalam menunjukkan kondisi pertumbuhan ekonomi yang stagnan.

Janji para pemimpin Eropa atas Yunani membuat Index dollar AS bergerak melemah.

Harga emas kembali melemah ke 1.823 dollar AS per troy ounce (31,1 gram) sejalan dengan minimnya sentimen pendukung. Sementara itu, harga minyak bergerak melemah di kisaran 88 dollar AS per barrel di pasar Asia.

Bursa Jepang, Korea, dan Australia seluruhnya bergerak menguat tajam di atas 1 persen pagi ini, merespons berita positif dari Eropa serta rencana China membeli obligasi negara-negara Eropa yang terkena krisis.

”IHSG kami perkirakan akan bergerak menguat hari ini. Meski demikian, pergerakan pasar masih akan fluktuatif sejalan dengan ketidakpastian pasar global yang masih tinggi. IHSG kami perkirakan akan bergerak di kisaran 3.750 hingga 3.880,” kata Yanuar.

One Comment to “IHSG Masih Belum Stabil”

  1. Whats up very nice blog!! Man .. Beautiful .. Wonderful .. I’ll bookmark your site and take the feeds additionally?I’m satisfied to find a lot of useful information here within the put up, we want work out extra strategies in this regard, thank you for sharing. . . . . .

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: