RIM Turunkan Harga PlayBook

Satu lagi produk tablet keluaran perusahaan besar yang mengalami kesulitan dalam penjualannya adalah BlackBerry Playbook besutan Research In Motion (RIM). 

Perusahaan asal Kanada ini hanya mampu menjual 200 ribu unit BlackBerry Playbook pada kuarter terakhir, jauh di bawah perkiraan pengamat yang memperkirakan perusahaan ini bisa menjual sekitar 400 ribu unit.

“Peluncuran PlayBook ternyata tidak semulus yang diperkirakan,” ujar Co-CEO RIM, Jim Balsillie, seperti dikutip dari CNET, Jumat, 16 September 2011. Lemahnya penjualan ini, lagi-lagi diprediksi karena dominasi iPad milik Apple dalam pasar tablet.

Dikutip dari Wall Street Jounal, setelah penjualannya yang seret, RIM tidak memberi kepastian masa depan tablet ini. Namun, Co-CEO RIM, Mike Lazaridis, mengatakan perusahaan akan melakukan promosi khusus pada musim gugur tahun ini dengan cara memberi potongan harga pada Playbook.

Memang tidak ada penjelasan resmi berapa potongan harga yang diberikan. Namun, dikutip dari CNET, situs jual beli BestBuy saat ini menawarkan Playbook berkapasitas 64 GB sebesar US$ 550, atau sekitar Rp 4,6 juta, turun sebesar US$ 150, atau sekitar Rp 1,2 juta dari harga aslinya. Sementara itu PlayBook dengan kapasitas 16 GB ditawarkan dengan harga US$ 449, atau sekitar Rp 3,8 juta, turun US$ 50 dari harga normal.

Selain potongan harga, penjualan Playbook diharapkan akan terdongkrak juga dengan upgrade software pada akhir tahun ini. Dengan upgradetersebut, Playbook akan dilengkapi dengan aplikasi e-mail dan juga dapat menjalankan aplikasi Android.

Penjualan Playbook seakan memutar kembali episode kejatuhan TouchPad, tablet besutan Hewlett-Packard (HP). Karena itu, pengamat juga meramalkan akhir yang sama mungkin akan menanti PlayBook.

“Saya percaya lemahnya penjualan akan bertahan dan RIM nantinya akan mengirim PlayBook ke kuburan yang sama dengan TouchPad,” ujar analis Brian Blair, seperti dikutip dari FoxNews.

TouchPad merupakan produk tablet dari HP yang mulai dipasarkan pada awal Juli lalu. Produk ini berkali-kali mengalami potongan harga hingga akhirnya diobral dengan harga US$ 99 atau sekitar Rp 850 ribu pada Agustus lalu. Tempo

LinkJournal

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: