HP Akan Pecat CEOnya

Pimpinan Hewlett Packard (HP), salah satu produsen komputer utama di dunia, mempertimbangkan untuk memecat Kepala Eksekutif Korporat Leo Apotheker. Dua orang sumber di perusahaan tersebut yakin bahwa CEO yang baru menjabat selama 11 bulan itu akan segera lengser.

Salah satu sumber malah menyebutkan, jika skenario tersebut benar terjadi, dewan direksi HP kemungkinan akan menunjuk Meg Whitman, mantan CEO Ebay sebagai pengganti sementara.

Sebagai informasi, Apotheker mendapat sorotan tajam setelah dalam kurang lebih setahun terakhir ia kurang optimal dalam memimpin perusahaan. Baru-baru ini, ia sempat mengungkapkan bahwa HP berencana untuk menjual atau melepaskan bisnis PC mereka namun kemudian membantah bahwa ia pernah menyatakan rencana tersebut.

“Ia sudah dalam masalah sejak awal,” kata Brian White, analis dari Ticonderoga Securities, seperti dikutip Reuters, 22 September 2011. “Ancaman pemecatan sudah membayangi siapapun yang mengambil posisi tersebut,” kata White.

Menyesatkan Investor

Pekan lalu, HP dan sejumlah eksekutif papan atas mereka dituduh telah menyesatkan para investor sebelum jatuhnya harga saham mereka.

Mereka dituduh menyesatkan para investor dengan mengumumkan kemungkinan spin-off terhadap bisnis PC, menyingkirkan perangkat berbasis WebOS dan membeli Autonomy, perusahan software asal Inggris.

Kini perusahaan itu menghadapi gugatan class action yang diajukan oleh Robbins Geller Rudman and Down dengan tuduhan menyesatkan tersebut. Seperti diketahui, setelah pengumuman itu dipublikasikan pada siang hari, harga saham HP anjlok hingga 20 persen di pasar.

HP juga telah menjual produk WebOS Touchpad mereka dengan harga murah hingga US$100. Ini menyebabkan kerugian yang nilainya bisa mencapai ratusan juta dolar AS.

Apotheker ditunjuk sebagai CEO menggantikan posisi Mark Hurd, yang juga dipaksa mundur akibat skandal dengan mantan pegawainya. Viva

LinkJournal

One Comment to “HP Akan Pecat CEOnya”

  1. Confucius believed that morality had to be founded in works of antiquity. For Confucius cutting oneself off from the past was leaving oneself without roots. Like a tree, a person without roots will topple over. Confucius studied history and played a role in putting together and editing a historical chronicle.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: