Museum Mustard

Bagi orang Amerika, mustard bukan hanya sekedar saus pelengkap hot dog, sandwich, atau campuran saus salad. Mustard dianggap istimewa, karenanya setiap tahun digelar perayaan hari mustard. Sebuah museum mustard pun didirikan. Wow!

Setiap tahun ribuan orang berkunjung ke sebuah kota kecil bernama Middleton, Wisconsin, Amerika Serikat. Di kota kecil dekat Madison ini terdapat sebuah museum unik yaitu National Mustard Museum.

Setiap tanggal 6 Agustus ditetapkan sebagai National Mustard Day. Ribuan orang dari seluruh Amerika berbondong-bondong untuk mengunjungi museum tersebut dan festival mustard pun digelar di seluruh kota.

Mustard merupakan saus berwarna kuning kecokelatan yang dibuat dari biji nustard yang digerus halus hingga kental. Saus ini rasanya asam sedikit pedas menyegarkan. Paling banyak dipakai sebagai pelengkap makan hot dog bersama saus tomat. Meskipun yang terkenal berasal dari Perancis, mustard populer di mancanegara. Dikemas dalam kaleng dan botol kaca.

Festival mustard di Middleton boleh dibilang sebagai pesta ‘condiment’ terbesar di dunia. Masyarakat mengadakan berbagai permainan dan acara. Mulai dari acara icip-icip mustard, berbagai permainan dengan tema mustard, aktivitas untuk anak-anak, live music dan masih banyak lainnya. Tahun lalu sekitar 6000 orang memadati kota ikut serta dalam perayaan National Mustard Day.

Museum nasional mustard ini berisi semua hal tentang mustard. Mulai dari sejarah mustard, berbagai display mustard, karya seni bertema mustard, hingga berbagai kegunaan mustard. Selain itu beragam jenis dan merk mustard ikut dijual di museum ini berikut berbagai merchandise bertema mustard.

Terpilihnya Middleton, Wisconsin sebagai tempat festival dan museum mustard ini bukan tanpa alasan. Konon Barry Levenson, selaku asisten jaksa umum Wisconsin (1987), berhasil memenangkan sebuah kasus dengan bersenjatakan sebotol kecil mustard di kantongnya.

Ia mengambil botol tersebut di sebuah nampan room service yang ada di hotelnya dan setelah tahu ia belum pernah mengenal merek produk tersebut, maka ia menyembunyikannya untuk dijadikan koleksi.

Beberapa bulan kemudian Levenson mulai mengkoleksi mustard. Pada tahun 1992, Barry Levenson yang sudah berhenti sebagai jaksa, membuka museum mustard di Mount Horeb dengan nama Mount Horeb Mustard Museum dan museum tersebut sempat mengalami perluasan.

Baru di tahun 2009, museum ini pindah ke Middleton dengan nama National Mustard Museum. Kini dalam museumnya terdapat lebih dari 5354 koleksi botol mustard yang berasal dari seluruh dunia. Museum ini dibuka Levenson setiap hari untuk umum. Nah, tertarik mengunjunginya? Detik

LinkJournal

One Comment to “Museum Mustard”

  1. Eric: Socialism is a philosophy of failure, the creed of ignorance, and the gospel of envy…Winston ChurchillI would also add that envy is the ugliest form of greed.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: