Google Siapkan ANdroid Terbaru Dengan NamaJelly Bean

LinkJournal–Google baru saja meluncurkan versi terbaru Android 4.0, Ice Cream Sandwich, beberapa waktu lalu. Peluncuran sistem operasi itu diluncurkan bersamaan dengan perkenalan Samsung Galaxy Nexus, smartphone pertama yang menggunakan platform Ice Cream Sandwich.

Walau begitu, Google dikabarkan sedang mempersiapkan Android terbaru lagi, yang mungkin akan menjadi Android 4.5 atau Android 5. Android terbaru itu disebut-sebut akan dinamakan: Jelly Bean.

Seperti dikutip dari laman TechRadar, berikut merupakan ‘gambaran’ dari Android Jelly Bean:

Full Chrome browser

Browser di Ice Cream Sandwich sudah melakukan perubahan, dengan melengkapi sistem bookmark-sync di browser Chrome. Tapi, di Android Jelly Bean, Google dikabarkan mempersiapkan browser Chrome, dengan tampilan seperti yang ada di PC atau laptop. Ini juga disesuaikan dengan ukuran layar smartphone yang terus berkembang.

Home Screen dalam Tampilan Landscape

Selama ini, ponsel Android umumnya berbentuk portrait mode, walaupun auto rotationmemungkinkan ponsel Android tampil dalam landscape mode. Tapi, dengan Jelly Bean, Google mempersiapkan platform untuk digunakan di perangkat berbentuk landscape mode, layaknya tablet.

Dilengkapi File Manager

File manager merupakan kebutuhan, apalagi untuk menata app di SD card. Selama ini, untuk menata file, pengguna Android bisa mencari aplikasi pihak ketiga di Android Market. Di Jelly Bean, file manager dipersiapkan untuk built-in.

Keyboard virtual yang Diperbarui

Google sedang mempersiapkan Jelly Bean dengan keyboard virtual yang diperbarui. Perbaikan bisa jadi dengan melakukan pengubahan akses penggantian karakter dari huruf (qwerty) ke angka dan simbol, cukup dengan menekan tombol agak lama.

Ringan tapi Bertenaga

Wajar jika sistem operasi bisa berjalan bagus di perangkat dual-core yang seharga di atas Rp5 juta. Tapi bagaimana jika sistem operasi itu dijalankan di perangkat yang memiliki spec lebih murah? Android terbaru pun dipersiapkan untuk menghasilkan sistem operasi ringan namun terbaik, di perangkat yang lebih terjangkau.

Hemat Tenaga

Selama ini, pengguna Android sering menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk menghemat baterai. Baik itu dengan Task Killer, atau aplikasi penghemat baterai macam Juice Defender. Karena itu Android terbaru dikabarkan sedang dipersiapkan dengan fitur-fitur yang bisa menghemat baterai dan manajemen sumber daya yang lebih efisien. Viva

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: