Perusahaan Tambang Bentuk Asosiasi

LinkJournal–Sejumlah perusahaan tambang skala kecil dan menengah membentuk Asosiasi Pemasok Energi dan Batubara Indonesia (Aspebindo). Asosiasi ini diharapkan dapat mendukung bisnis perusahaan tambang kecil-menengah yang umumnya memasok batubara untuk kebutuhan domestik.

Ketua Aspebindo, Ferry Juliantono menyatakan, asosiasi ini sebenarnya telah berdiri lebih dari setengah tahun yang lalu. “Asosiasi ini diawali oleh beberapa puluh perusahaan pendiri. Namun sekarang jumlahnya  sudah mencapai 100 perusahaan yang tersebar di 7 provinsi,” katanya Rabu (26/10) malam. Ratusan perusahaan tersebut terdiri dari perusahaan perdagangan, perusahaan pemilik tambang batubara, serta perusahaan yang bergerak di bidang energy, terutama dalam kegiatan hilir minyak dan gas.

Perusahaan tambang kecil dan menengah dianggap memiliki kontribusi yang besar terhadap ketahanan energi nasional. “Dalam industri ini sering kali kami dianggap sebagai pihak yang kurang modern, kurang modal, dan kurang terorganisir,” kataya. “Tapi perlu diketahui bahwa perusahaan seperti kamilah yang kenyataannya memasok 2/3 dari total batubara  yang digunakan oleh PLN.”  Republika

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: