RIM Tidak Keluarkan Update Buat PlayBook

LinkJournal–Research in Motion (RIM) menyatakan akan menunda upgrade sistem operasi BlackBerry PlayBook hingga Februari 2012. Angka penjualan yang bergerak lambat diperkirakan karena RIM belum menambahkan sentuhan akhir yang diharapkan oleh pengguna.

Tablet ini tidak memiliki aplikasi untuk fungsi-fungsi utama seperti e-mail, kalender, buku alamat, dan akses BlackBerry Messenger bila tak terhubung dengan perangkat BlackBerry. Upgradediharapkan menjadi jawaban atas permintaan tersebut, namun RIM justru menundanya.

Upgrade akan muncul pada PlayBook 2.0. Saat ini RIM sudah merilis dalam bentuk beta namun terbuka hanya untuk para developer. Bagi pengguna, harus menunggu hingga tahun depan untuk bisa melakukan upgrade.

“Kami menunggu sampai kami yakin sudah memenuhi harapan,” ujar wakil presiden senior PlayBook, David Smith, dalam blog perusahaan. RIM menyatakan senang dengan kemungkinan PlayBook bisa di-upgrade. Namun sayang, dengan keterlambatan itu pun, dengan upgrade baru tersebut layanan BlackBerry Messenger masih belum tersedia.

Kuartal terakhir penjualan RIM memang masih jauh dari target, yakni hanya 200 ribu unit, padahal kuartal sebelumnya berhasil menjual 500 ribu unit. Dibandingkan dengan Apple, iPad terjual 11,1 juta unit kuartal lalu. Best Buy bahkan harus menjual PlayBook dengan potongan harga hingga 299 dolar AS.

Analis menyatakan, RIM masih harus menghitung peningkatan penjualan tablet setelah upgradedilakukan. Masalah RIM saat ini bukan hanya tentang PlayBook, namun juga termasuk penghentian layanan BlackBerry selama 3 hari yang pernah terjadi beberapa minggu lalu, masih harus menjadi perhatian. Kompas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: