Pasar Masih Ragu-Ragu

LinkJournal–Volatilitas di pasar modal global tampaknya masih akan terus hinggap, minimal hingga akhir tahun 2011.

Sejauh ini, belum terlihat fakta yang tergambar dari data yang meyakinkan pasar akan pembalikan ekonomi dari ancaman keterpurukan. Dalam pertemuan FOMC semalam, The Fed tidak melakukan perubahan kebijakan moneter.

The Fed menilai ekonomi AS mengalami pertumbuhan di kuartal ketiga tahun ini yang mencerminkan pertumbuhan beberapa sektor yang mengkontribusi pelemahan ekonomi di awal tahun ini.

Tingkat belanja rumah tangga, investasi atas aktiva tetap dan perangkat lunak tetap terus tumbuh. “Namun pasar tenaga kerja masih terus melemah, tingkat pengangguran cenderung meningkat dan sektor properti tetap tertekan,” kata analis HP Sekuritas, Yanuar Pribadi, Kamis (03/11/2011).

Penilaian The Fed atas pertumbuhan ekonomi AS serta laporan tenaga kerja yang lebih baik dari perkiraan mengikis kekhawatiran investor terhadap perkembangan krisis utang di Eropa.

Kantor berita Reuters menyebutkan, Uni Eropa dan IMF tidak akan menyalurkan enam tahap bantuan bagi Yunani hingga ada kejelasan kemauan Yunani menerima proposal rencana penyelamatan oleh Uni Eropa.Voting direncanakan akan dilaksanakan pada 4-5 Desember untuk memutuskan apakah Yunani akan tetap menjadi anggota Euro.

Jerman mengatakan, implementasi atas proposal ataupun kesepakatan dalam KTT pekan lalu akan dipercepat dan Eropa saat ini telah bersiap apabila Yunani memutuskan untuk keluar dari Uni Eropa.

Data aktivitas manufaktur kawasan Eropa untuk bulan Oktober yang dirilis semalam menunjukkan terjadinya kontraksi. Bursa Asia bergerak melemah terbatas pagi ini.

Secara teknikal, menurut Yanuar, IHSG terlihat memiliki potensi untuk bergerak menguat, namun kondisi fundamental yang positif belum dapat memberikan momentum positif bagi kenaikan IHSG. IHSG diperkirakan akan bergerak di kisaran 3.670-3.810. Kompas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: