Berlusconi Mundur IHSG Langsung Tancap Gas

Berlusconi gambar dari Kish

LinkJournal–Bursa saham Indonesia kembali menguat di awal transaksi. Berita rencana mundurnya Perdana Menteri Italia, Silvio Berlusconi yang direspon positif bursa global disinyalir menjadi pemicunya ramainya lagi aksi beli saham di pasar domestik.

Indeks harga saham gabungan di Bursa Efek Indonesia Rabu 9 November 2011, dibuka menguat 23,46 poin atau 0,61 persen di posisi 3.829,10. Pada prapembukaan tadi, IHSG juga naik 22,60 poin atau 0,59 persen ke level 3.828,25.

Menurut analis PT Trust Securities, Suhendra Wahid, janji mundurnya Berlusconi yang memberikan harapan bahwa penyelesaian utang Eropa mulai terurai ternyata memberikan optimisme kepada investor untuk kembali masuk kepada investasi aset-aset beresiko seperti komoditas dan saham.

“Terbukti, harga komoditas dan indeks acuan Dow Jones berhasil ditutup menguat,” tuturnya dalam risetnya.

Kondisi tersebut, kata dia, turut memberikan insentif positif kepada bursa Indonesia dan berimplikasi kepada munculnya kembali minat beli terhadap saham-saham berkapitalisasi besar yang dalam beberapa hari terakhir terlihat lesu perdagangannya.

Namun, Suhendar mengaku bahwa agenda lokal yaitu keputusan Bank Indonesia yang akan menentukan arah suku bunga acuan juga menjadi sangat penting, mengingat faktor resiko di dalam dan luar negeri juga besar.

“Indeks pada perdagangan hari ini sepertinya berpeluang menguat dan mencoba menembus level 3.850 sebelum ada keputusan mengenai arah suku bunga,” tuturnya.

Saham Asia Naik

Sementara itu, indeks saham Asia pagi ini dibuka juga menguat dan mata uang euro berhasil memantapkan diri setelah PM Italia Silvio Berlusconi mengatakan bahw ia akan mengundurkan diri. Sebab, hal itu meningkatkan harapan bagi negara pemberi utang mengenai kelanjutkan reformasi Italia yang terancam terkena krisis utang zona euro.

Indeks saham Asia Pasifik di luarJepang, MSCI naik 0,8 persen. Sedangkan bursa saham Jepang, Nikkei 225 dibuka menguat tipis 0,8 persen.

Mata uang Euro juga menguat, sebagai dampak adanya harapan dari ketidakpastian politik di Italia yang berhasil mengembalikan kepercayaan investor akan mata uang tunggal tersebut. Euro menguat terhadap dolar Amerika Serikat ke level US$1,3825. Sedangkan level tertinggi Euro di posisi US$1,3847 yang terjadi pada Selasa kemarin.

“Akan ada reaksi spontan, tanpa pikir panjang terhadap berita Berlusconi yang siap mengundurkan diri. Namun, tidak jelas siapa yang memiliki cukup dukungan politik untuk mengambil posisinya dan melakukan reformasi nyata di Italia,” Kata Yumi Nishimura, analis teknikal senior di Daiwa Securities, seperti dilansir laman Reuters.

Berlusconi mengatakan akan mundur setelah parlemen secara tuntas menyetujui reformasi anggaran, seperti yang dituntut sesama pemimpin Eropa. Viva

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: