Penjualan BlackBerry Menurun Tajam

BlacBerry gambar dari Tempo

LinkJournal–Lembaga Survei online comScore MobiLensmenyatakan Research in Motion (RIM) kehilangan sebanyak 1,8 juta pengguna BlackBerry di Amerika Serikat. Angka ini sama dengan penurunan sepuluh persen dibandingkan penjualan BlackBerry hingga bulan Juni 2011.

Survei ini juga menunjukkan angka penurunan penjualan keuntungan perusahaan handset dari 7,9 persen pada Juni menjadi 7,1 persen di bulan September. Survei ini dilakukan selama tiga bulan hingga September 2011 terhadap pengguna ponsel cerdas berusia di atas 13 tahun. Responden mewakili wilayah negara.

Penurunan penjualan RIM jelas tak sama dengan penjualan ponsel cerdas secara keseluruhan. Pasalnya pada kurun waktu yang sama penjualan ponsel cerdas meningkat hingga 12 persen di Amerika Serikat dari semula 78 juta menjadi 87,4 juta. Artinya, diperkirakan ada 9,4 juta ponsel cerdas terjual pada periode ini.

Di saat bersamaan penjualan RIM justru anjlok dari 23,5 persen menjadi 18,9 persen atau kehilangan 1.8 juta pengguna. Padahal hingga Juni lalu RIM sudah kehilangan 1 juta pelanggan.

Angka ini mirip dengan laporan keuangan Research in Motion (RIM) pada kuarter kedua tahun ini. Dalam laporan yang dibuka Kamis, 15 September 2001, laba bersih perusahaan ini mencapai US$ 329 juta, turun hampir setengah dibanding periode sama tahun lalu US$ 797 juta. Laba RIM dari tiap lembar sahamnya hanya 63 sen. Angka ini jauh di bawah level sebelumnya yang mencapai US$ 1,46 per saham.

Pendapatannya turun 9 persen, menjadi US$ 4,2 miliar, dibanding periode yang sama pada tahun lalu yang mencapai US$ 4,6 miliar. PC Mag menyebut perusahaan asal Kanada ini mengirim 10,6 juta unit BlackBerry dan 200 ribu unit PlayBook sepanjang kuarter kedua.

Di sisi lain produk Google, Android, justru menguatkan superioritasnya dengan peningkatan pengguna dari 40,2 persen menjadi 44,8 persen. Ini berarti ada penambahan 7,8 juta pengguna, sehingga totalnya menjadi 39 juta pemilik handset berbasis Android di Amerika Serikat.

ComScore juga mencatat penambahan jumlah pengguna Apple sebanyak 3,2 juta menjadi 24 juta pengguna pada periode yang sama. Ini menunjukkan Android dan Apple mengalami peningkatan terpesat, yakni lebih dari 12,2 persen di pasaran. Android mendapat 24,8 persen, Apple mendapat 15,4 persen, RIM anjlok 10 persen, Microsoft meningkat 8,1 persen, yang mencapai sekitar 4,9 juta pengguna. Tempo

One Comment to “Penjualan BlackBerry Menurun Tajam”

  1. yes, blackberry turun penjualan, android meningkat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: