Buffet Incar Saham-Saham Saat Krisis

Waren Buffet

Waren Buffet gambar dari Viva

LinkJournal–Orang kaya dunia asal Amerika Serikat (AS), Warren Buffet, diketahui telah mengeluarkan dana lebih dari US$20 miliar untuk membeli sejumlah saham di bursa saham AS. Saham-saham apa yang menjadi bidikan Buffet disaat kondisi ekonomi dunia justru tengah mengalami kemerosotan?

Dalam sebuah wawancara dengan CNBC, Buffet mengutarakan rahasia terbesar dari aksi pembelian saham yang telah dilakukannya sepanjang tahun 2011. Ternyata, Buffet telah membeli saham International Business Machines Corp atau IBM sebanyak 64 juta lembar seharga US$10,7 miliar.

Dengan aksi pembelian saham itu, Buffet kini menjadi salah satu pemegang saham terbanyak IBM dengan kepemilikan sebesar 5,5 persen. Aksi beli saham IBM ini dilakukan sejak Maret dengan target membeli saham dengan nilai US$10 miliar.

Buffet menegaskan, aksi pembelian saham IBM ini belum dibicarakan sama sekali dengan perusahaan teknologi informasi itu maupun dengan CEO IBM, Sam Palmisani. Namun Buffet menilai IBM telah melakukan kerja luar biasa dalam menciptakan strategi jangka panjang dan menghargai para pemegang saham.

Buffet juga memberikan perhargaan yang tinggi kepada mantan CEO IBM yang lama, Lou Gerstner, dan berharap dirinya bisa membeli saham IBM ketika Gerstner masih memimpin IBM.

Selama ini Buffet dikenal menjauhi saham-saham teknologi karena dirinya kerap kali tidak mengerti apa yang dilakukan bisnis ini. Namun, Buffet kemudian mengoreksi pandangannya dengan mengatakan dirinya menerima pencerahan mengenai bagaimana perusahaan teknologi bekerja dan mempertahankan kliennya.

“Ini sebuah perusahaan yang membantu departemen IT menjalankan pekerjaan dengan lebih baik. Ini merupakan langkah besar bagi sebuah perusahaan mengenai bagaimana mereka mengganti auditor maupun firma hukum,” kata Buffet.

Kendati sudah masuk dalam perusahaan teknologi, Buffet menegaskan dirinya tidak akan pernah membeli saham Microsoft kendati memiliki pertemanan yang erat dengan Bill Gates.

Selain membeli saham IBM, Buffet juga mengungkapkan aksi pembelian saham lain yang dilakukannya adalah menambah kepemilikan saham di Wells Fargo dan Bank of America yang menurutnya memiliki CEO Brian Moynihan yang dianggap mampu memperbaiki bank tersebut. Viva

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: