RIM Luncurkan BlackBerry London

BlackBerry London

BlackBerry London gambar dari Viva

LinkJournal–Beberapa bulan terakhir, Research In Motion (RIM), produsen smartphone BlackBerry dilanda berbagai masalah. Mulai dari penjualan tablet PC mereka yang tidak memuaskan, persaingan yang semakin ketat oleh produsensmartphone lain, sampai yang terakhir adalah gangguan terparah yang melanda jaringan BlackBerry di sejumlah benua.

Untuk itu, tidak salah jika RIM kemudian menggantungkan masa depan perusahaan pada BBX dan perangkat BlackBerry terbaru mereka. The Verge berhasil mendapatkan foto produk BlackBerry berbasis BBX pertama milik RIM. Dan cukup mengejutkan, produk tersebut tampak menarik.

Dikutip dari TechCrunch, 15 November 2010, produk yang diberi kode nama ‘London’ tersebut sepintas mirip dengan BlackBerry P’9981 yang didesain oleh Porsche yang muncul bulan lalu karena menggunakan casing yang tampak berbahan logam.

Dari sisi desain, London juga hadir dengan tampilan premium yang tidak pernah dimiliki oleh produk BlackBerry seri sebelumnya. Sayangnya, dari sisi spesifikasi, London tidak mampu memenuhi harapan.

Disebutkan, BlackBerry London menggunakan prosesor Texas Instruments OMAP 1,5GHz, memori sebesar 1GB dan kapasitas simpan internal 16GB. Ia punya dua kamera yakni kamera 8MP di belakang dan 2MP di depan.

Meski spesifikasi tersebut merupakan peningkatan dibanding seri terdahulu, spesifikasi teknis BlackBerry London cukup luar biasa, jika produk tersebut diluncurkan beberapa bulan lalu. Tetapi mengingat produk tersebut dilaporkan baru akan hadir Juni 2012 mendatang, tampaknya spesifikasi tersebut menjadi tidak istimewa.

Dari sisi software, tampilan antarmuka BlackBerry London serupa dengan BlackBerry PlayBook, dan ini tidak mengherankan mengingat keduanya menggunakan basis platform yang sama. Pilihan warna, icon-icon telah mengalami perbaikan, namun belum ada yang signifikan.

Menurut sumber The Verge, perangkat yang muncul itu sendiri masih berupa prototipe non fungsional, jadi kemungkinan RIM masih akan melakukan sejumlah modifikasi saat meluncurkannya tahun depan.

Harapannya, apapun yang akan dilakukan oleh RIM, perubahan tersebut layak ditunggu. Jika tidak, kemungkinan besar RIM tidak akan berhasil mempertahankan posisi mereka di industri smartphone. Viva

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: