Apple Gandeng Disney

Apple

Apple gambar dari Viva

LinkJournal–Apple menggandeng CEO Walt Disney Robert Iger masuk ke jajaran Dewan Direksinya. Dengan masuknya Iger, Apple diduga mulai membidik pengembangan media dan konten.

Selama ini, Iger memang berpengalaman menjadikan Disney sebagai salah satu perusahaan media dan hiburan terbesar di dunia. Dengan demikian, Apple pun diprediksi siap menghadapi persaingan di bisnis konten dan distribusi dengan Amazon dan Google.

Selain itu, pialang Wall Street juga menduga masuknya Iger akan memicu Apple membidik pasar televisi. Apple diprediksi akan membuat kejutan di pasar televisi yang saat ini masih bersifat fragmentaris, seperti yang dilakukan Apple yang mengejutkan pasar musik saat meluncurkan iTunes beberapa tahun silam.

“Apple akan lebih mengarahkan (bisnis) ke distribusi konten, terutama dari sisi video,” kata analis dari Morningstar, Michael Corty, seperti dikutip dari Reuters.

Disney memang merupakan perusahaan yang merajai bisnis media, mulai dari jaringan televisi ABC, stasiun televisi olahraga ESPN, film dan studio animasi, serta taman hiburan dan resor. Karena itu sejumlah konten Disney pun diprediksi akan menjadi support yang sangat bernilai untuk produk Apple, baik itu iPhone, iPad, juga iPod.

Konten memang menjadi andalan sejumlah pesaing Apple, terutama Amazon. Karena itu, seperti dikutip dari iSuppli, Amazon berani rugi dengan menjual tablet Kindle Fire dengan harga yang lebih murah dari biaya produksinya. Seperti diketahui, Kindle Fire menjadi pesaing berat iPad, apalagi dijual dengan harga murah, US$199. Sedangkan harga produksi satu tablet Kindle Fire mencapai US$209,63.

Berdasarkan perhitungan itu, Amazon merugi US$10 tiap Kindle yang dijual. Tapi, kerugian ini akan tertutup dari penjualan sejumlah konten Amazon. Strategi ini sama seperti yang dilakukan Gillette, yang menjual alat cukur dengan harga merugi, tapi dapat keuntungan dari penjualan siletnya.

Iger memang ‘berteman baik’ dengan Apple sewaktu menjadi CEO Disney. Karena mendiang petinggi Apple, Steve Jobs, merupakan pemegang saham terbesar Disney, sejak Disney mengambil alih studio animasi yang didirikan Steve Jobs, Pixar. Steve Jobs juga merupakan anggota Dewan Direksi Disney, hingga akhir hayatnya. Viva

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: