Fitur-Fitur Yang Diunggulkan Nokia N9

Nokia N9

Nokia N9 gambar dari Kompas

LinkJournal–Nokia akan meluncurkan Nokia N9, ponsel stylish berbahan polycarbonate di Indonesia pada Senin pekan depan (21/11/2011). Nokia mengklaim ponsel ini berbentuk unibody, tanpa sambungan apapun dan tanpa tombol apapun di layar sentuhnya.

Product Manager Nokia Indonesia Irwan Hermawan menjelaskan Nokia N9 merupakan ponsel layar sentuh yang hanya memerlukan “tap” (sentuhan) dan “swipe” (sapuan) untuk mengganti dari satu menu ke menu lainnya. Tidak ada tombol “home”, “call” atau “back” di layar. “Ponsel ini full swipe, jadi lebih terkesan stylish bagi penggunanya,” ungkap Irwan seusai konferensi pers di Jakarta, Rabu (16/11/2011).

Berikut adalah 10 hal yang dianggap bisa menjadi keunggulan Nokia N9:

1. Tap dan Swipe

Untuk membuka layar ponsel, cukup “tap” dengan jari Anda dua kali, maka layar akan memunculkan halaman muka. Untuk pindah ke menu lainnya, cukup “swipe” dengan jari dari ujung ke ujung, baik dari kanan ke kiri, atau atas bawah dan atau sebaliknya. 

2. Tiga Halaman Muka

Hanya ada tiga halaman muka(homescreen) pada ponsel ini, yaitu aplikasi menu semua, aplikasi yang dibuka atau sedang berjalan dan notifikasi. Untuk balik ke menu-menu tadi, hanya perlu “swipe” saja. 

3. Double Tap

Untuk menutup aplikasi yang sedang berjalan, Anda tinggal “double tap” dan akan muncul tanda “x” pada masing-masing aplikasi yang akan ditutup, atau bisa memilih “close all” di bagian bawah. Atau bisa “swipe” layar ke atas.

4. Preloaded Maps

Aplikasi Maps sudah preloaded sehingga tidak perlu koneksi internet untuk membuka peta. Di sini sudah disediakan peta Indonesia dan beberapa negara di Asia Tenggara.

5. Browser HTML5

Browser sudah menggunakan HTML5 sehingga lebih cepat, apalagi dengan prosesor ARM Cortex A8 OMAP 1 Ghz dengan 1.024MB  RAM.

6. Kamera

Kamera sudah beresolusi 8MP dengan teknologi lensa Carl Zeiss, autofocus, wide angle, 2nd camera untuk video call. Untuk autofokus, Anda hanya perlu mengarahkan kotak putih ke target foto, otomatis sisi yang tidak terkena fokus akan blur. Di sisi atas ada zoom yang bisa digeser kanan kiri dengan swipe jari

7. NFC

Fitur Near Field Communication (NFC) open. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk berbagi video, foto atau file yang diinginkan hanya dengan menempelkan dengan ponsel yang memiliki fitur NFC.

Begitu juga bisa dikoneksikan dengan speaker N360 Play yang dijual terpisah. Caranya juga sama,hanya dengan mengaktifkan fitur NFC dan menempelkannya pada speaker.

Layanan ini menggunakan koneksi bluetooth. Fitur NFC ini tersedia di Nokia N9, C7 dan N700. Ke depan, semua ponsel pintar Nokia akan diberi fitur NFC.

8. Food Directory

Aplikasi Menu berupa food directory. Tapi dalam fitur search,cuma bisa mencari nama makanan. Nanti hasilnya berupa resto-resto yang menyediakan makanan yang kita cari.

9. Messenger

Tidak hanya fitur WhatsApps saja yang ada dalam N9, tapi ada fitur chat lain yaitu “Live Messenger” yang memungkinkan pengguna ponsel yang memiliki akun di social chat tersebut bisa berkomunikasi dengan ponsel lain yang memiliki fitur serupa, meski ponsel tersebut memiliki sistem operasi Android atau Symbian.

10. Slot SIM Card

Tidak perlu membuka ponsel, terutama untuk mengganti kartu SIM. Colokan kartu SIM ada di sisi atas ponsel bagian kanan. Untuk charger baterai pun bisa dilakukan dalam satu colokan dengan kabel USB. Kompas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: