Apple Tidak Terbukti Langgar Paten HTC

Apple

Apple gambar dari Kompas

LinkJournal–Apple dinyatakan tidak terbukti melanggar paten S3 Graphics, sebuah perusahaan yang diakuisisi oleh HTC. Keputusan ini disampaikan United States International Trade Commission (ITC) dan membalikkan keputusan sebelumnya.

Sebelumnya, Apple sempat dinyatakan melanggar sebagian paten S3 yang terkait dengan kompresi tekstur, seperti yang digunakan pada aplikasi game dan sejenisnya. Panel dari ITC akhirnya mengatakan tak ada pelanggaran dan penyelidikan dihentikan.

Apple dan HTC terlibat dalam saling tuntut soal paten, mulai dari pengadilan distrik di AS hingga di ITC. Pertempuran di ITC cukup signifikan karena ITC punya wewenang untuk memblokir impor produk yang dianggap melanggar paten.

S3 dibeli oleh HTC pada 300 juta dollar AS pada Juli 2011. Ketika itu banyak yang berspekulasi pembelian itu merupakan pembelian strategis untuk mendapatkan aset paten S3.

Grace Lei, pengacara HTC, mengaku kecewa pada keputusan itu namun tetap menghormatinya. Saat ini, ujar Li, HTC sedang mempertimbangkan apa langkah selanjutnya, termasuk apakah akan melakukan banding atau tidak.

Di Desember 2011, lembaga yang sama dijadwalkan mengambil keputusan dalam kasus lain Apple vs HTC. Dalam kasus yang terpisah ini, ITC sebelumnya sempat menyatakan HTC melanggar dua paten Apple. Kompas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: