Rupiah Melemah Terhadap Dollar

Mata Uang

Mata Uang gambar dari WartaKota

LinkJournal–Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS pada Kamis (24/11) pagi merosot ke posisi Rp 9.150, dipicu oleh obligasi Jerman yang memperlihatkan hasil lemah.

Nilai tukar mata uang rupiah pada transaksik antarbank di Jakarta bergerak turun ke posisi Rp 9.150, atau anjlok 110 poin dibanding sebelumnya Rp 9.040.

“Lemahnya permintaan dalam lelang obligasi Jerman hari Rabu (23/11), memicu kekhawatiran bahwa krisis utang mulai mengancam perkonomian besar dunia,” kata analis valas Monex Investido Futures, Johanes Ginting di Jakarta.

Dia mengatakan, hasil lelang itu mengindikasikan aset utama zona euro mulai kehilangan daya tarik dari investor, dikarenakan kecewa dengan tidak adanya langkah-langkah baru dari pembuat kebijakan guna mengatasi krisis utang di kawasan itu. Semantara sebagian besar pelaku pasar berpendapat bahwa krisis yang terus berkepanjangan akan memaksa Jerman merogoh saku lebih dalam guna menyelamatkan negara-negara ekonomi kecil zona euro.

Pada hari yang sama, lanjut Johanes, lembaga pemeringkat Fitch Ratings juga mengatakan bahwa krisis zona euro dan risiko perlambatan ekonomi mulai mengancam rating kredit AAA (triple A) Prancis. “Rupiah nampaknya masih akan terus tertekan oleh dolar AS mengingat meningkatnya risiko resesi di Eropa,” katanya.

Pengamat pasar uang Milenium Danatama Sekuritas, Abidin, menambahkan, rupiah masih dalam trenĀ bearish(penurunan). Namun, pihak BI mengaku tetap akan berkomitmen menjaga nilai tukar rupiah dalam kisaran posisi aman.

“Perbaikan krisis di Eropa sama sekali belum menunjukkan hasil positif, ditambah lelang obligasi Jerman yang kurang diminati investor, kondisi itu menambah kekhawatiran pasar keuangn,” katanya.

Dia mengatakan, sejauh ini BI cukup sukses dalam upaya mempertahankan stabilitas nilai tukar rupiah terhadap dollar AS melalui langkah intervensi di pasar valuta asing (valas), meski rupiah masih belum berada pada posisi stabil. “Idealnya rupiah berada pada di bawah level Rp 9.000 per dolar AS,” kata Abidin. WartaKota

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: