Emas Sumbang Inflasi November Ini

Emas

Email gambar dari Viva

LinkJournal–Badan Pusat Statistik menyatakan angka inflasi sepanjang November sebesar 0,34 persen. Kenaikan ini dipicu oleh melambungnya harga emas dalam beberapa pekan terakhir.

Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS, Djamal, mengatakan bahwa  inflasi tahun kalender antara Januari hingga November sebesar 3,20 persen, sedangkan year on year4,15 persen. “Sampai akhir tahun bisa di bawah 4,15 persen,” kata dia dalam konferensi pers, di Jakarta, Kamis 1 Desember 2011.

Selain emas yang mengalami inflasi 0,1 persen, dia mengatakan, inflasi bulan ini juga disokong oleh kenaikan harga cabai merah. Cabai mengalami inflasi 0,09 persen, beras 0,06 persen, dan telur ayam 0,03 persen. Sementara itu, yang menghambat inflasi adalah ikan segar. Sepanjang November, ikan segar justru deflasi 0,05 persen.

Dari 66 kota yang dihitung, 50 kota mengalami inflasi dan 16 kota deflasi. Inflasi tertinggi terjadi di Mataram 1,25 persen, dan terendah Palembang 0,02 persen.

Beberapa hari terakhir, harga emas di pasar spot Singapura telah mengalami kenaikan dan terakhir meningkat 0,5 persen. Geliat harga emas ini disebabkan sentimen negatif investor terhadap kondisi Eropa yang masih berjuang keluar dari krisis utang yang telah memasuki tahun ketiga.

Pasar spot emas di Singapura tercatat mengalami kenaikan 0,7 persen melewati rekor selama sepekan yang mencapai US$1.726 per ounce. Harga emas kali ini bergerak mendekati rata-rata kenaikan selama 100 hari terakhir yang berada pada level US$1.720,59 per ounce, sebelum akhirnya ditutup di level US$1.723,79 per ounce kemarin.

Sementara itu, dari pasar spot Amerika Serikat, harga emas tercatat mengalami kenaikan tipis sebesar 0,6 persen ke level US$1.723 per troy ounce. Analis teknikal memperkirakan harga emas di pasar spot akan meningkat menjadi US$1.743 dengan level resisten pada US$1.716 per troy ounce.

Di pasar Indonesia, emas di Unit Bisnis Pengolahan dan Pemurnian (UBPP) Logam Mulia milik PT Aneka Tambang Tbk hari ini dijual dengan harga Rp569.000 per gram. Untuk emas dengan berat 10 gram dan 50 gram dijual masing-masing pada Rp533.500 dan Rp528.940 per gram. Viva

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: