Kontrak Apple Laku USD 1,59 Juta

Apple IncLinkJournal–Rumah lelang ternama, Sotheby, berhasil melelang tiga halaman surat kontrak milik para pendiri Apple Computer Co. senilai US$ 1,59 juta atau Rp 14,53 miliar (kurs Rp 9.140 per dolar AS).

Angka ini jauh di atas perkiraan pra penjualan yang sekitar US$ 100.000 sampai US$ 150.000. Lelang dibuka di angka US$ 70.000. Peserta lelang yang hadir sekitar 20 orang dan hampir sejumlah itu pula peserta lelang yang ikut melalui sambungan telepon.

Akhirnya lelang berhenti pada angka US$ 1,35 juta oleh seseorang yang mengikuti lelang melalui telepon. Menurut data Sotheby, si pemenang lelang adalah Eduardo Cisneros, CEO Cisneros Corp., perusahaan penyiaran yang berbasis di Miami.

Mengapa surat kontrak ini menjadi sangat mahal? Sebab, ini merupakan kontrak pertama kali yang ditandatangani pada 1 April 1976 oleh Steve Jobs, Steve Wozniak dan Ronald Wayne untuk menjalankan Apple Computers. Dihitung-hitung, surat kontrak ini sudah berusia 35 tahun.

Awalnya perusahaan dimiliki oleh Wayne. Ia bertemu Jobs saat Jobs masih bekerja di Atari Inc. Dan Wozniak adalah teman Jobs yang bekerja di Hewlett-Packard Co.

Sebelas hari setelah penandatanganan kontrak itu, Wayne mengundurkan diri dari kerjasama itu. Menurut dokumen itu, Wayne mendapatkan US$ 800 dari hasil penjualan kepemilikan saham Apple sebesar 10% yang ia punya. Ia juga mendapat tambahan dana sebesar US$ 1.500.

Jika menghitung dari kapitalisasi pasar Apple saat ini, kepemilikan 10% saham Wayne seharga lebih dari US$ 36 miliar! Kontan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: