Sentimen Positif Angkat Indeks Pasar Saham Asia

Pasar saham Asia menguat pada awal perdagangan bursa Jumat, menyusul rekor penutupan positif Wall Street di Amerika Serikat dan menyambut langkah-langkah stimulus dari Bank Sentral Eropa (ECB).
Seperti diberitakan CNBC, Jumat 6 Juni 2014, indeks Dow Jones dan S&P 500 ditutup pada rekor tertinggi pada bursa Kamis di Wall Street setelah keputusan dari ECB mendorong sentimen di pasar. ECB mengumumkan sejumlah kebijakan stimulus di mana termasuk di dalamnya tingkat suku bunga deposito negatif, pemotongan suku bunga acuan, dan rencana operasi keuangan jangka panjang dengan target yang baru.

Fokus pasar kini beralih kepada data ketenagakerjaan AS yang akan dirilis pada akhir pekan ini. Analis mengharapkan ada penciptaan 218.000 pekerjaan baru di bulan Mei, dengan estimasi tingkat pengangguran berkisar 6,4 persen. Pada bulan April, pertumbuhan ekonomi AS menciptakan rekrutmen 288.000 tenaga kerja.

Indeks Nikkei di bursa Tokyo pagi ini naik 0,4 persen. Indeks acuan pasar saham Jepang ini diperdagangkan pada level 15.088,97 atau memperpanjang kenaikan untuk sesi kelima setelah muncul pemberitaan bahwa Perdana Menteri Abe meminta menteri kesehatan untuk menyelesaikan proyeksi alokasi aset Investasi Dana Pensiun Pemerintah musim gugur ini.

Tinjauan target alokasi itu mengalihkan lebih banyak uang ke saham domestik, menjauhi obligasi. Keuntungan pada indeks Nikkei dibatasi karena yen terus melemah ke level 102,79 per dolar.

Saham perlatan elektronik berada di antara peraih keuntungan terbanyak. Di antaranya adalah Mitsumi Electric naik 3,7 persen, sedangkan Sharp naik 2 persen.

Sementara itu, indeks S&P ASX 200 mendatar. Indeks patokan Australia ini diperdagangkan pada level 5.455,70. Saham BHP Billiton turun 0,1 persen setelah Kepala Eksekutif, Andrew MacKenzie, mengatakan pasar bijih besi sementara ini menghadapi kelebihan kapasitas.

Bursa saham Tiongkok berada dalam sorotan. Saham di Tiongkok diperkirakan akan naik di tengah isu bahwa Bank Rakyat China akan memompa sekitar 73 miliar renminbi ($11,68 miliar) ke pasar pada pekan ini melalui operasi pasar uang. Langkah ini menyusul pernyataan pejabat di Beijing pekan lalu bahwa pemerintah berencana untuk meningkatkan penyaluran kredit guna membantu masyarakat pedesaan dan usaha kecil dan menengah.

Pasar Korea Selatan tutup untuk liburan memperingtai Memorial Day.

Tags: , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: