Abenomics Cerahkan Bursa Saham Jepang

Hong Kong – Indeks Nikkei di bursa Jepang menguat pada awal perdagangan Selasa (17/6/2014). Para investor menyambut baik kerangka kerja pemerintah untuk pelaksanaan reformasi ekonomi yang merupakan anak panah ketiga strategi pertumbuhan ekonomi Perdana Menteri (PM) Shinzo Abe.
Indeks Nikkei naik 77,51 poin atau 0,52% menjadi 15.010,80. Sebelumnya, indeks Nikkei mencapai posisi paling rendah dalam 2 pekan terakhir. Demikian mengutip dari cnbc.com.

Shinzo Abe yang terkenal dengan Abenomics melalui rencana kerjanya, akan memotong tarif pajak penghasilan badan. Selain itu, Abe berjanji untuk memudahkan regulasi di bidang pertanian dan memungkinkan lebih banyak pekerja asing yang akan bekerja di sektor rumah tangga maupun keperawatan.

CIO di Gemmer Asset Management, Charles Blankley mengatakan, langkah terbaru dari pemerintahan Abe akan sangat penting bagi sentimen. “Terutama bagi investor global yang telah kehilangan keyakinan dalam melakukan reformasi. Kondisi ini, jelas akan mampu membalikkan semuanya pada semester kedua tahun ini,” terang Charles.

Saat ini, Jepang memiliki tarif pajak penghasilan badan sekitar 35%, salah satu tingkat tertinggi di antara negara-negara maju lainnya. Sedangkan, negara tetangga seperti Australia misalnya memiliki tingkat pajak sekitar 30% untuk bisnis.

Sementara, di pusat-pusat keuangan negara Singapura dan Hong Kong tingkat pajak sekitar 17%. Dalam rencana ekonomi Abe kemarin, pemerintah akan menurunkan tarif pajak di bawah 30% selama beberapa tahun dan akan memulainya pada tahun fiskal 2015.

“Kami netral, karena tidak melihat perubahan struktural yang kami harapkan. Namun, perusahaan kami berubah lebih positif terhadap saham Jepang,” imbuh Charles.

Sementara itu, pada perdagangan sesi pagi ini, harga saham Mitsubishi Heavy Industries tampak mengalami penurunan sebesar 0.2 persen setelah perusahaan mengajukan penawaran gabungan dengan Siemens untuk membeli asset milik Alston senilai 9.5 miliar dollar kas. Saham lapis biru Softbank mengalami penurunan sebesar 1.6 persen. Surat kabar Nikkei melaporkan bahwa perusahaan tersebut berencana untuk mengembalikan bisnisnya di AS untuk mencapai profitabilitas pada tahun fiskal berjalan.

Tags: , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: