Harga Minyak Sentuh Level Tertinggi Sembilan Bulan

NEW YORK – Harga minyak dunia melonjak pada Kamis (19/6/2014) waktu setempat (Jumat pagi WIB). Kenaikan harga emas hitam ini dipicu oleh meningkatnya kekerasan di Irak.

Minyak mentah Brent untuk pengiriman Agustus menguat 80 sen di London, menjadi menetap di 115,06 dollar AS per barel, posisi tertinggi sejak awal September. Di New York, minyak mentah light sweet atau West Texas Intermediate untuk pengiriman Juli naik 46 sen menjadi ditutup pada 106,43 dolar AS per barel.

Kenaikan harga berlanjut setelah Presiden AS Barack Obama mengumumkan bahwa ia siap untuk mengirim 300 penasehat militer ke Irak dan jika perlu mengambil aksi militer “tepat” dengan “target” untuk melawan gerilyawan Sunni radikal. “Kami akan membantu Irak saat mereka melakukan perlawanan kepada teroris yang mengancam rakyat Irak, wilayah dan kepentingan Amerika juga,” katanya.

Pasukan Irak pada Kamis kembali mengontrol penuh kilang minyak terbesar di negara itu setelah pertempuran sengit. “Pasukan keamanan berada dalam kendali penuh dari kilang Baiji,” Letnan Jenderal Qassem Atta, juru bicara keamanan Perdana Menteri Nuri al- Maliki, mengatakan dalam sambutannya di televisi.

Krisis telah mengguncang pasar minyak dunia, karena Irak merupakan produsen terbesar kedua dalam 12 negara Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC). Negara ini memiliki lebih dari 11 persen dari sumber daya terbukti dunia dan memproduksi 3,4 juta barel minyak per hari.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: