Inilah Level Pembelian Saham Minyak & Gas

Jakarta – Seiring kenaikan harga minyak mentah dunia, saham-saham sektor minyak dan gas turut terdongkrak. Inilah level-level pembelian harga sahamnya.
Pada perdagangan Kamis (19/6/2014) saham ELSA ditutup melemah Rp10 (1,6%) ke Rp635; Saham MEDC ditutup menguat Rp5 (0,1%) ke Rp3.480; Saham ENRG ditutup stagnan di Rp100; dan Saham ARTI ditutup turun Rp4 (2%) ke Rp200.

Pengamat pasar modal Willy Sanjaya menilai, konflik di Irak bisa memicu kenaikan harga minyak untuk jangka panjang. Apalagi, pada dasarnya, produksi minyak di dunia akan terus berkurang dari waktu ke waktu. “Konflik Irak sangat membantu penguatan harga minyak mentah dunia,” katanya. Atas dasar itu, kata dia, harga saham-saham pertambangan dan energi berpeluang terus meningkat.

“Saya rekomendasikan akumulasi beli saham-saham di sektor minyak dan gas karena gain yang mungkin didapat masih sangat menjanjikan,” ujarnya. Willy sendiri menjagokan saham PT Elnusa (ELSA) yang naik tajam tapi dinilainya masih murah dengan posisi harga saat ini.

“Jagoan kedua, PT Medco Energy (MEDC) dan ketiga, PT Energi Mega Persada (ENRG),” tuturnya. “Untuk saham PT Ratu Prabu Energi (ARTI), saya tidak merekomendasikan.”

Untuk ELSA, support berada di Rp575. Dia merekomendasikan akumulasi beli saham tersebut pada kisaran Rp595-610 per saham.MEDC, support di Rp3.280.

“Akumulasi beli saham MEDC di kisaran Rp3.300-3.370,” tuturnya. Sementara itu, support ENRG di Rp90dalam sepekan ke depan. Akumulasi saham ini di kisaran Rp91-94.

Dari sisi Price to Earnings Ratio (PER), ELSA di level 20 kali dengan Earning Price per Share (EPS) 30%. MEDC, PER-nya sangat tinggi di level 68 kali. PER ENRG di level 5 kali, paling rendah tapi EPS-nya 0%. EPS 0% menunjukkan bahwa emiten ini belum mencatatkan laba bersih.

Dengan EPS 0% berdasarkan kinerja emiten kuatal I-2014, ENRG tidak mungkin membagikan dividen, kecuali jika laporan keuangan yang akan datang membaik. “Karena perusahaan belum melaporkan secara resmi pembagian dividen, itu kita posisisikan sebagai rumors.

Dari sisi PER dan EPS, saya lebih menjagokan saham ELSA,” imbuhnya.

Tags: , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: