Harga Minyak Merosot karena Meredanya Konflik Irak

MELBOURNE – Minyak mentah Brent turun untuk hari ketiga, West Texas Intermediate (WTI) ikut turun di tengah spekulasi bahwa produksi minyak Irak tidak akan terpengaruh oleh tensi konflik yang tengah meningkat di negara penghasil minyak terbesar kedua di OPEC.

Sementara militan ISIL di Irak telah mengambil kontrol kilang Baiji di utara dan memperpanjang terornya hingga perbatasan Yordania, mereka tidak melakukan perang terbuka di selatan, tempat di mana tiga per empat produksi minyak mentah negara itu.

"Kenaikan yang kita lihat baru-baru ini adalah karena adanya kenaikan dalam premi risiko karena potensi memburuknya situasi di Irak," kata chief strategist CMC Markets, Michael McCarthy, seperti dilansir dariBloomberg, Selasa (24/6/2014).

"Kami cenderung melihat perdagangan yang volatil ini terus berlanjut, di mana lonjakan harga minyak terjadi karena adanya berita, namun kembali melemah karena masih harus menunggu perkembangan lebih lanjut," tambah dia.

Brent untuk pengiriman Agustus turun 50 sen menjadi USD113,62 per barel di London ICE Futures Europe. Volume perdagangan berjangka yang diperdagangkan adalah dua kali lipat rata-rata 100 hari perdagangan. Brent tercatat telah naik 2,7 persen tahun ini.

Sedangkan WTI untuk pengiriman Agustus turun sebanyak 92 sen menjadi USD105,25 per barel di perdagangan elektronik di New York Mercantile Exchange. Akibatnya, patokan minyak mentah AS dengan Eropa ini diperdagangkan di USD8,15 per barel dari USD7,95 per barel.

Sekadar informasi, tentara Irak dikabarkan telah menarik diri dari Baiji, kota utara Baghdad, setelah hampir dua minggu pertempuran.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: