Overbought, Indeks Saham Wall Street Ditutup Melemah

LinkJournal – Indeks saham sedikit berubah lebih rendah pada penutupan perdagangan Senin waktu setempat di Bursa Efek New York, Amerika Serikat. Indeks Dow Jones Industrial Average akhirnya menghentikan kemenangan beruntun terpanjang di tahun ini.

"Pasar saham sedikit overbought, tetapi itu berjalan cukup baik di sini. Pasar mendapatkan dukungan besar dari pernyataan Ketua Federal Reserve pekan lalu," ujar Bruce Bittles, Chief Investment Strategist di RW Baird, seperti dikutip dari laman CNBC, Selasa 24 Juni 2014.

Komentarnya tersebut mengacu pada pernyataan Ketua Federal Reserve, Janet Yellen, yang meremehkan kekhawatiran tentang gelembung harga aset dan inflasi.

"Saya memperkirakan pasar tidak akan masuk ke dalam kesulitan yang signifikan, kecuali Fed memikirkan kembali kebijakan yang akan diambil," imbuhnya.

Indeks Dow Jones Industrial Average turun 9,82 poin (0,1 persen) ke level 16.937,26, dengan saham Pfizer dan General Electric menjadi saham blue-chip yang paling merugi, termasuk 15 saham dari 30 komponen utama penyokong indeks.

Saham General Electric anjlok setelah sepakat menjual aset energinya seharga US$1,7 miliar ke Alstom.

Indeks S & P 500 kehilangan seperempat poin ke level 1.962,61. Saham sektor energi menjadi yang paling banyak mendapatkan keuntungan diantara 10 kelompok utama indeks. Indeks Nasdaq berakhir setengah poin lebih tinggi ke level 4.368,68.

Saham Micros Systems menguat setelah Oracle menawarkan untuk mengakuisisinya seharga US$5,3 miliar secara tunai.

Saham Integrys Energy Group melonjak setelah Wisconsin Energy mengatakan akan membayar US$5,7 miliar untuk mengakuisisi perusahaan itu.

The National Association of Realtors melaporkan penjualan rumah pada Mei naik 4,9 persen ke tingkat tahunan 4,9 juta unit rumah. Bulan sebelumnya, penjualan rumah hanya naik 1,5 persen.

"Angka-angka perumahan pagi ini sangat baik. Rally penjualan rumah pada pekan lalu kemungkinan karena investor mengantisipasi data ekonomi yang positif," ujar Phil Orlando,Equity Market Strategist di Federated Investors.

Menteri Luar Negeri AS, John Kerry, melakukan perjalanan ke Baghdad pada Senin, dan mendorong Perdana Menteri Irak untuk membentuk pemerintahan yang lebih inklusif sebagai upaya untuk membendung pemberontakan Sunni di bagian utara dan barat negara itu.

Volume saham yang diperdagangkan di Bursa Efek New York hampir mencapai 572 miliar unit saham dengan volume komposit mendekati 2,7 miliar unit saham.

Nilai mata uang dolar melemah terhadap mata uang mitra dagang Amerika Serikat dan yield(imbal hasil) treasury 10 tahun yang digunakan untuk menentukan suku bungan KPR dan kredit konsumsi naik 2 basis poin menjadi 2,625 persen.

Data yang dirilis HSBC yakni Flash Markit Manufacturing Purchasing Managers Index (PMI) Tiongkok pada Juni naik 50,8, dari 49,4 di bulan Mei. Sementara itu, Markit Composite Purchasing Managers Index (PMI) untuk zona euro pada Juni turun menjadi 52,8 dari 53,5 pada bulan sebelumnya.

Flash Markit Manufacturing Purchasing Managers Index (PMI) Amerika Serikat pada Juni naik menjadi 57,5 dari 56,4.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: