Daya Tarik di Saham Tambang, IHSG Berpeluang Menguat

Panel perdagangan saham di Bursa Efek Indonesia.

LinkJournal- Pada perdagangan Rabu 2 Juli 2014, indeks harga saham gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia ditutup menguat 23 poin (0,5 persen). Indeks saham di bursa domestik itu ditutup di level 4.908, atau pada kisaran resistance 4.900.

"Investor asing melakukan pembelian bersih sebesar Rp274 juta dengan penyumbang penguatan terbesar antara lain UNVR, ASII, TLKM, EXCL, BBCA, SCMA, dan ADRO," ujar analis PT Bahana Securities, Chandra Widjanarka, dalam risetnya hari ini.

Chandra memperkirakan IHSG berpotensi untuk menguat terbatas, dengan resistance pada kisaran 4.930. Posisi ini merupakan level standar deviasi +1 dari MA20 daily pada saat ini. Sejak 23 Mei 2013, level ini selalu menjadi penghambat penguatan IHSG.

"Potensi penguatan masih terbuka dengan target menuju kisaran 4.930," ujar dia.

Jika dilihat dari data mingguan, dia menambahkan, IHSG mampurebound pada saat menyentuh level support MA20 weekly di kisaran 4.842. Posisi ini juga merupakan level volume acc selama 1 bulan terakhir dan kini potensi penguatan untuk IHSG menuju kisaran 4.900-4.950.

Chandra menambahkan, saham PT Adaro Energy Tbk (ADRO) menjadi salah satu saham yang cukup menarik untuk diperhatikan. Sejak Mei, saham ini akhirnya dapat ditutup menguat di atas level MA20 monthly. Level yang selama 3 tahun menjadi resistance kuat, kini berubah menjadi support kuat untuk ADRO. Volume acc juga terlihat berada di kisaran Rp1.130-1.200.

Sementara itu, di pasar Asia, seperti dikutip dari CNBC, pergerakan saham kembali bervariasi pada awal perdagangan bursa, Kamis, 3 Juli 2014. Pelaku pasar tetap mengambil sikap hati-hati menjelang rilis data ekonomi Amerika Serikat dan laporan pertemuan Bank Sentral Eropa.

Indeks Nikkei di bursa Tokyo pagi ini cenderung mendatar. Indeks acuan pasar saham Jepang ini diperdagangkan pada level 15.367,06 atau menghapus keuntungan awal dari catatan investor atas Nikkei baru-baru ini.

Selanjutnya, indeks Hang Seng di bursa Hong Kong merosot 0,1 persen atau bergerak mundur setelah hampir mencapai rekor kenaikan tertinggi selama kurun tujuh bulan terakhir pada Rabu kemarin.

Indeks S&P ASX 200 di bursa Sydney menguat 0,4 persen. Indeks patokan pasar saham Australia ini naik untuk sesi yang ketiga berturut-turut dalam pekan ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: