Anak Usaha Pertamina akan Caplok Perusahaan Oli Thailand

Anak Usaha Pertamina akan Caplok Perusahaan Oli Thailand

LinkJournal – Anak usaha PT Pertamina (persero). PT Pertamina Lubricant rencananya akan akuisisi perusahaan oli asal Thailand mengingat Pertamina Lubricants ingin menguasai pangsa pasar di Asia Pasifik dan Tiongkok.

Direktur Utama Pertamina Lubricant Suprianto Dwi Hutomo menjelaskan pihaknya akan mengakuisisi 100 persen perusahaan oli Thailand tersebut. Namun untuk saat ini kedua belah pihak menunggu tanda tangan kesepakatan.

"Thailand punya konsumsi oli terbesar," ujar Suprianto, Selasa (15/7/2014).

Suprianto menjelaskan dengan akuisisi dengan perusahaan Thailand, Pertamina bisa mendapat tambahan kapasitas produksi 1.200 kiloliter. Dengan pasokan sebanyak itu bisa mengambil pasar oli pelumas di Tiongkok.

Tahun ini, belanja modal perseroan digunakan untuk melakukan modernasi pabrik di Jakarta sebesar Rp 800 miliar, bangun pabrik adiktif Rp 200 miliar dan pabrik grees sekitar Rp 400 miliar.

"Capex itu masih besar untuk domestik tahun ini, kan kita keluarin 800, 200, 400 itu sudah berapa, tapi saya tidak sebutin ya akuisisi nilainya berapa," jelas Suprianto.

Sedangkan untuk akuisisi perusahaan oli Thailand, Supri menyebutkan nilainya dibawah Rp 1 triliun. Hal ini, atas pengakuan Suprianto bahwa belanja modal untuk dalam negeri lebih besar.

Tags: ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: