IPO Alibaba Bisa Menjadi yang Terbesar di Dunia

LinkJournal – Perusahaan e-commerce asal Tiongkok Alibaba Group Holding Ltd, berencana melakukan penawaran saham perdana (Initial Public Offering/IPO) di bursa Amerika Serikat. IPO ini bisa jadi yang terbesar di dunia.

Alibaba berencana menjual 320,1 juta lembar saham di nilai US$60-US$66 per lembar. Saham akan di-listing di New York Stock Exchange dengan kode BABA.

"Kami percaya, hari ini akan sulit, besok lebih sulit tapi lusa akan lebih baik. Oleh karena itu, kami harus bekerja keras jika ingin bertahan di perjalanan panjang ini," kata Presiden Direktur Alibaba Jack Ma dalam presentasinya.

Alibaba menilai perusahaannya sebesar US$162,7 miliar. Jumlah ini lebih besar dari sebagian perusahaan besar di Wall Street. Facebook memiliki nilai perusahaan sebesar US$104 miliar saat melakukan IPO di bulan Mei, 2012. Tetapi hari pertama perdagangan tidak terlalu sukses karena saham Facebook jatuh hingga perusahaan kehilangan setengah dari kapitalisasi pasar.

Jika saham Alibaba ditawarkan di rentang nilai tertinggi dan memasukkan opsi penjatahan lebih, maka Alibaba bisa meraup dana US$21,1 miliar hingga US$24,3 miliar, menjadikannya perusahaan internet terbesar ketiga setelah Facebook dan Google. Rekor sebelumnya dipegang oleh Visa dengan US$19,7 di 2008 dan Bank Agrikultur Tiongkok dengan US$22,1 miliar.

"(Nilai perusahaan) Alibaba masih di bawah ekspektasi Wall Street," ujar Henry Guo, analis JG Capital.

Menurut survei analis di bulan Juli, Alibaba bernilai rata-rata US$187 miliar.

Sebagai perusahaan e-commerce, Alibaba sering dijuluki sebagai EBay atau Amazon.com dari Tiongkok.
Tiongkok memiliki sekitar 632 juta pengguna internet dan jumlah tersebut bisa meningkat mencapai 850 juta di 2015. Alibaba memiliki pengguna aktif di Tiongkok sekitar 279 juta orang.

Laba bersih Alibaba meningkat tiga kali lipat ke US$1,99 miliar di kuartal kedua tahun ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: