Harga Kopi Melambung Hampir 7%, Cuaca Brasil Kembali Diprediksi Kering

coffee-pixa-700x357.jpg

LinkJournal – Harga kopi arabika di bursa ICE Futures US pada penutupan perdagangan Senin 6 Oktober 2014 terpantau ditutup menguat signifikan. Penguatan harga kopi arabika di bursa ICE Futures US dipicu oleh cuaca Brasil yang kembali diprediksi kering pada akhir pekan lalu.

Kondisi cuaca Brasil yang masih diprediksi akan cenderung panas dan kering pada pekan ini kembali memicu harga kopi arabika untuk melejit signifikan di ICE US. Potensi cuaca panas dan kering yang dapat membuat kondisi tanaman kopi Brasil kembali memburuk membuat harga kopi pun kembali terangkat dari sisi sentimen supply mengingat Brasil merupakan penghasil dan eksportit kopi terbesar dunia. Dampak dari kondisi fundamental tersebut, harga kopi pun bergerak menguat di ICE US.

Secara spesifik, dengan penguatan signifikan harga kopi pada perdagangan Senin lalu posisi harga kopi telah menyentuh level tertinggi baru untuk tahun ini pada kontrak Desember 2014. Sebelumnya, harga kopi sempat menyentuh level tertinggi pada 24 April 2014 di level $219/ton. Adapun pada saat tersebut, harga kopi sedang berada dalam trend positif akibat cuaca panas berkepanjangan di Brasil sejak awal tahun.

Pada penutupan perdagangan Senin 6 Oktober 2014 di bursa ICE Futures US, harga kopi arabika terpantau ditutup menguat signifikan. Harga kopi arabika berjangka ICE Futures US untuk kontrak Desember 2014 ditutup naik hingga 6,92% ke tingkat harga $220,80/ton atau menguat $14,30/ton.

Sementara pada penutupan perdagangan kopi robusta di bursa LIFFE, harga kopi robusta di bursa LIFFE juga ditutup menguat signifikan. Harga kopi robusta berjangka LIFFE untuk kontrak November 2014 ditutup naik 4,09% ke tingkat harga $2.165/ton atau menguat $85/ton.

Analis Vibiz Research Center memprediksi harga kopi arabika akan cenderung bergerak melemah pada perdagangan hari ini di bursa ICE US. Hal tersebut dilandasi oleh posisi teknikal yang telah memperlihatkan kondisi cenderung overbought dengan tertembusnya BB Upper. Terkait pergerakan harga, range normal diprediksi akan berada di kisaran $200-$240 pada kopi arabika dan $2.025-$2.175 pada robusta.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: