Musim Kemarau, Harga Beras di Tegal Merangkak Naik

1509006-beras-780x390.jpg?v=310

LinkJournal – Musim kemarau yang melanda sejumlah daerah membuat pasokan beras di Pasar Beras, Martoloyo, Kota Tegal, Jawa Tengah terganggu. Akibatnya, kenaikan harga kini terjadi dari kisaran Rp 300- Rp 500 per kilogram.

Salah seorang pedagang, Abdullah (57) mengaku, biasanya dalam seminggu dirinya bisa mendapatkan lima ton beras dari petani. Namun sudah sepekan, dirinya hanya mampu mendapatkan sekitar dua ton saja.

"Biasanya pasokan datang dari para petani dari Pemalang, Bumiayu, dan Brebes, tapi kini tidak ada yang ke sini, mungkin karena sudah habis musim panen," kata Abdullah di lapaknya, Selasa (7/10/2014).

Hal senada juga dikatakan Nuredi, salah seorang pedagang beras lainnya. Berkurangnya pasokan membuat stok beras menjadi langka. Akibatnya, harga beras berbagai jenis kini mengalami kenaikan yang cukup tinggi.

"Beras jenis lokal (C4) yang tadinya Rp 7600 kini mencapai Rp 7900, sementara harga beras jenis Pandan Wangi dan Rojo Lele dari Rp 8000 kini menjadi Rp 8500 perkilogram," ujar Nuredi.

Pedagang memperkirakan kenaikan harga akan terus terjadi seiring musim kemarau yang masih melanda. Para pedagang di Pasar Beras disini biasanya menjual barang dagannya ke sejumlah pasar di wilayah Kota Tegal.

Tags: , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: