Harga Karet Tocom dan Shanghai Serempak Melemah Akibat Sentimen Demand Global

Rubber-rubber-rubber-700x357.jpg

LinkJournal – Harga karet di bursa Tocom pada awal perdagangan sesi siang hari ini, Rabu 8 Oktober 2014, terpantau sedang mengalami pelemahan. Pelemahan harga karet di bursa Tocom dipicu oleh indikasi demand global yang lemah dan semakin menguatnya tekanan faktor substitusi.

Rilis data IMF yang menurunkan estimasi pertumbuhan perekonomian global terpantau turut memicu pelemahan di bursa Tocom dan Shanghai Futures Exchange. Rilis proyeksi yang menurunkan prediksi pertumbuhan ekonomi global dari 3,4% pada Juli ke 3,3% membuat harga karet kian terdorong melemah di Tocom dan juga Shanghai Futures Exchange. adapun pelemahan tersebut dilandasi oleh semakin lemahnya ekspektasi demand global terhadap karet.

Selain faktor pelemahan ekspektasi demand, harga karet juga terdorong melemah oleh semakin menguatnya tekanan faktor substitusi. Kembali jatuhnya harga minyak mentah dunia akibat proyeksi data EIA yang menunjukan lesunya demand global, membuat harga karet ikut terdorong jatuh akibat hubungan substitusi anatara karet alam dan karet sintetis.

Pada awal perdagangan sesi siang hari ini di bursa Tocom, harga karet terpantau sedang mengalami pergerakan melemah. Harga karet berjangka Tocom untuk kontrak Maret 2015 sedang turun hingga 0,95% ke tingkat harga 177,7 Yen/kg atau melemah 1,7 Yen/kg.

Sementara pada perdagangan karet di bursa Shanghai Futures Exchange yang baru kembali dibukan hari ini, harga karet juga sedang mengalami pelemahan. Harga karet berjangka SHFE untuk kontrak Januari 2015 sedang turun 0,69% ke tingkat harga 12,317 Yuan/ton atau melemah 85 Yuan/ton.

Analis Vibiz Research Center memprediksi harga karet akan cenderung untuk kembali melemah pada perdagangan hari ini di Tocom. Hal tesebut dilandasi oleh rentetan fundamental yang cenderung negatif pada perdagangan hari ini.

Tags: , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: