Petani Gagal Panen, Harga Beras Naik

67402af8044c92771dc598dd4887edf3.jpg

LinkJournal – Banyak petani padi di wilayah Kabupaten Tgeal, gagal panen akibat kemarau panjang. Lahan pertanian kekeringan sehingga menyebabkan tanaman padi saat bverusia sekitar 1,6 bulan mati. Dampak dari itu stok beras dipasaran umum menipis dan harga beras naik.

Seperti dialami sejumlah petani asal Desa Bongkok, Kecamatan Kramat, Kabupaten Tegal, Selasa (14/10/2014) mengakui mengalami kerugian besar karena tanaman padi yang sudah berusia sekitar 1,6 bulan kering dan mati. Upaya menggunakan mesin diesel untuk mendapatkan air dalam tanah tidak berhasil karena kandungan airnya minim.

"Padahal pada usia itu tanaman padi sangat membutuhkan air yang cukup, sementara hujan tidak turun turun, akibatnya lahan padi kekeringan dan mati. Yang jelas banyak petani mengalami kerugian besar," ujar Santoso (52) warga Bongkok.

Kondisi serupa terjadi di bendungan Talang, Kabupaten Tegal. Petani selama ini diandalkan untuk pengairan lahan pertanian airnya asat. Sejak musim kemarau hingga kini belum turun hujan, sedangkan bendungan Talang airnya asat, sehingga lahan pertanian yang biasa mendapatkan kucuran air dari bendungan itu menjadi kering, kata Harto (54) warga Galigayam.

Kusnan (56) pemilik penggilingan padi dan pedagang beras warga Desa Wangandawa, Talang, Kabupaten Tegal, mengakui petani yang menggunakan jasa usahanya itu menurun dratis sejak kemarau panjang tahun ini. Gagalnya panenan padi penyebab utamanya.

Kenaikan harga terjadi pada semua jenis beras. Seperti beras medium harga sebelumnya Rp 7.400 per kg, saat ini sudah mencapai Rp 8.100 /kg. Sementara untuk beras kualitas baik naik dari Rp 7.600 menjadi Rp 8.500 per kg.

Tags: , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: