Harga Karet Tocom Ditutup Menguat, Thailand Akan Tumpuk Persediaan Lokal

tocom-700x357.jpg

LinkJournal – Harga karet di bursa Tocom pada penutupan perdagangan sesi siang hari ini, Jumat 17 Oktober 2014, terpantau ditutup menguat signifikan. Penguatan harga karet di Tocom dipicu oleh sentimen substitusi yang diperkuat kebijakan pemerintah Thailand terkat karet domestik negara tersebut.

Rentetan sentimen positif pada pergerakan harga karet di perdagangan sesi siang Tocom hari ini terpantau membuat harga karet ditutup menguat. Dorongan dari kabar terkait sentimen sisi supply dan pelemahan tekanan substitusi menjadi landasan kuat menguatnya harga karet di Tocom hari ini.

Dari sisi sentimen supply, kabar terkait akan dibangunannya penampungan persediaan karet oleh Pemerintah Thailand cukup memberikan sentimen positif kuat. Wacana akan dilakukannya suntikan hingga 30 juta Baht untuk membuat penampungan karet di Thailand dengan tujuan membatasi supply karet, membuat harga karet terdorong melambung pada hari ini. Direncanakan dari kebijakan tersebut, target harga karet di harga domestik Thailand diupayakan naik hingga 60 baht.

Sementara dari sentimen faktor substitusi, pergerakan harga karet di bursa Tocom masih mendapatkan pengaruh kuat seiring rebound pada harga minyak mentah dunia. pelemahan tekanan harga karet sintetis seiring penguatan minyak mentah dunia tersebut, membuat harga karet alam cukup mendapatkan ruang penguatan disaat sentimen positif kuat didapatkan dari kebijakan pemerintah Thailand. Dampak dari rentetan sentimen yang positif tersebut, harga karet Tocom pun melejit di sesi siang hari ini.

Pada penutupan perdagangan sesi siang hari ini, harga karet Tocom terpantau ditutup menguat signifikan. Harga karet berjangka Tocom untuk kontrak Maret 2015 ditutup naik hingga 3,57% ke tingkat harga 189 Yen/kg atau menguat 6,5 Yen/kg.

Sementara dari bursa Shanghai Futures Exchange, harga karet juga ditutup menguat pada perdagangan hari ini. Harga karet berjangka SHFE untuk kontrak Januari 2014 ditutup naik 2,38% ke tingkat harga 12.705 Yuan/ton atau menguat 295 Yuan/ton.

Analis memprediksi harga karet akan cenderung bergerak kembali menguat di perdagangan sesi malam hari ini. Hal tersebut dilandasi leh sentimen positif yang masih sangat kuat pada harga karet akibat keputusan pemerintah Thailand.

Tags: , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: