Kekeringan, Stok Sayuran Kurang, Harga Naik

LinkJournal – Harga sayuran di Pasar Induk Purwodadi, Grobogan, Jawa Tengah, naik cukup tinggi. Itu karena adanya permintaan yang cukup banyak namun stok barang sedikit. Hal ini membuat penjual sayuran kebingungan.

Musim kemarau mebuat stok sayuran berkurang. Banyaknya permintaan konsumen yang tidak sebanding dengan stok barang dan keterlambatan saat proses pengiriman sejak seminggu ini membuat harga sayuran di Pasar Induk Purwodadi mengalami kenaikan harga dari Rp1000 hingga Rp2000 per kilogram. Kenaikan harga ini tidak membuat para pembeli mengurungkan niatnya untuk membeli sayuran. Mereka tetap membeli sayuran namun mengurangi jumlah belanjaan.

Sementara itu, menurut Sumarni, pedagang sayur, naiknya harga sayuran seminggu ini karena banyaknya permintaan masyarakat yang membutuhkan sayuran untuk hajatan. Karena stok sedikit dan seringnya mengalami keterlambatan pengiriman, para pedagang terpaksa harus menaikkan harga.

Sayuran jenis kol, buncis,dan wortel mengalami kenaikan harga. Harga kol yang biasanya Rp7500 per kilogram naik menjadi Rp8500. Wortel juga naik dari Rp6000 menjadi Rp7000 per koligram. Sedangkan buncis naik dari Rp5000 menjadi Rp7000 per kilogram.

Tags: ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: