Anak Usaha Alcatel-Lucent Akuisisi Optoplan

1414002740.jpg

LinkJournal – Alcatel-Lucent hari ini secara resmi mengumumkan bahwa anak perusahaannya, Alcatel-Lucent Submarine Networks (ASN), telah menandatangani kesepakatan dengan Sercel (bagian dari CGG Group), untuk mengakuisisi Optoplan, provider terkemuka solusi pemantauan cadangan permanen 4G yang digunakan pada produksi gas dan minyak lepas pantai. Adapun penutupan transaksi diharapkan akan rampung dalam waktu dekat.

"Karena ASN sendiri adalah pemain terkemuka di konektivitas platform Gas dan Minyak, Optoplan akan meningkatkan kemampuan kami di domain Gas dan Minyak, mendukung sepenuhnya rencana industri untuk mendiversifikasi kehadian kami, dan menangkap segmen-segmen baru di pasar yang sangat
menjanjikan ini," ujar Presiden Alcatel-Lucent Submarine Networks, Philippe Dumont dalam siaran persnya di Jakarta, Selasa (22/10).

Seperti diketahui, pemantauan cadangan permanen 4D – 4DPRM – membutuhkan instalasi sensor dasar laut dalam pelaksanaan survei seismik 4D untuk cadangan gas dan minyak, mengumpulkan data yang akan digunakan oleh operator untuk memantau pergerakan cadangan minyak, air dan gas dari waktu ke waktu.

Setelah diproses, data akan membantu menghasilkan peta detil struktur geologi bawah tanah, di lokasi mana sumur-sumur harus dibor dan bagaimana cadangan dikeringkan untuk menemukan bahan bakar sebanyak mungkin.

Optoplan yang berkantor di Trondheim, Norwegia, merupakan perusahaan di balik Optowave, perusahaan terkemuka teknologi PRM 4D untuk survei seismik yang telah teruji di lapangan.

Dengan mengakuisisi perusahaan ini, kata Philippe, ASN akan menggabungkan keahlian ini dengan kepemimpinannya sendiri di bidang sistem kabel bawah laut termasuk kemampuan manufaktur kelas dunia dan armada instalasi laut.

"Gabungan keahlian ASN dan Optoplan akan menyajikan solusi PRM 4D yang sangat terpadu ke pasar, termasuk rancangan, manufaktur, perakitan dan instalasi di laut, yang akan membantu perusahaan-perusahaan gas dan minyak meningkatkan rasio penemuan minyak, memperpanjang umur ladang-ladang minyak mereka, dan meningkatkan keselamatan operasi mereka," tambahnya.

Tags: ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: